KPU Kepsul Sosialisasi Pemetaan Dapil dan Alokasi Kursi Pileg

  • Bagikan
Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba

SANANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemetaan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi jumlah kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Sosialisasi merupakan sebuah tahapan penting bagi partai politik peserta Pemilu.

Kegiatan ini dihadiri 11 partai politik dari 12 partai yang bakal jadi peserta Pemilu 2019. Bahkan para utusann Partai rata-rata dihadiri labgsung pimpinan partai masing-masing.

Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba mengatakan, anggeda pembahasan pemetaan Dapil dan penentuan jumlah kursi pada Pileg 2019, membutuhkan pandangan serta masukan partai Politik untuk bersama KPU mengusulkan bentuk pembagian Dapil. Dalam merumuskannya KPU dan seluruh parpol bersandar pada PKPU tahun 2017 yang memiliki cara perhitungan yang berbeda dibandingkan dengan syarat PKPU tahun 2012.

“Pada PKPU tahun 2012 itu cara perhitungannya per kecamatan, namun sekarang cara hitungnya Per Dapil,” ungkap Bustamin kepada KabarMalut, Selasa (23/1/2018).

Perhitungan dengan analisa dan perhitungan berdasarkan jiwa pilih yang tersebar di 12 kecamatan di Kepsul, KPU dan parpol serta Panwaslu kemudian mengusungkan pembagian Dapil tersebut.

“Kami membagi Dapil itu berdasarkan jumlah DPT, dimana yang sempat diusung adalaha Kecamatan Sanana dengan jiwa pilih terbanyak dapil I, sementara Kecamatan Sanana Utara, Kecamatan Sulabesi Barat, Kecamatan Sulabesi Selatan, Sulabesi Timur dan Sulabesi Tengah Dapil II, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Mangoli Timur, Mangoli Tengah dan Mangoli Selatan Dapil III dan Kecamatan Mangoli Barat dan Mangoli Utara, dan opsi kedua yang diubah adalah Kecamatan Sanana Utara ditarik masuk ke Dapil I, hingga Dapil II hanya terdiri dari 4 Kecamatan,” tutupnya. (ILO)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut