Panwaslu Halbar Bakal Kroscek Panwascam dan PPL Rangkap Jabatan

  • Bagikan
Ketua Panwaslu Halbar, Aknosius Datang

JAILOLO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), bakal kembali mengkroscek Pengawas Kecamatan Panwascam dan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), yang masih merangkap jabatan lainnya.

“Untuk pastikan tidak merangkap jabatan, maka kami akan kroscek kembali,” ungkap Ketua Panwaslu Halbar, Aknosius Datang di ruang kerjanya, Rabu (14/1/2018).

Hal ini dilakukan, lanjut Aknosius, demi menjaga integritas kinerja Panwascam dan PPL sehingga tidak menyisahkan masalah. Apalagi, dengan merangkap jabatan pada dua lembaga yang berbeda.

“Bila ditemukan rangkap jabatan, tinggal diberhentikan atau diberi kesempatan bersangkutan memilih salah satunya,” tandasnya.

Menanggapi laporan yang masuk, terdapat salah satu oknum Kepala Selolah (Kepsek) Madrasa di Sidangoli, telah dilantik sebagai PPL juga akan dicek kembali dan meminta Panwascam Jailolo Selatan untuk mengklarifikasi masalah tersebut.

“Jadi kalau itu benar, tinggal yang bersangkutan bersama Panwascam dipanggil dimintai keterangan klarifikasinya,” cetusnya.

Menurutnya, walaupun lulus dalam perekrutan PPL ataupun Panwascam. Namun, jika terbukti merangkap jabatan maka harus mundur. Sesuai regulasi yang telah diatur dalam undang – undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Berbeda dengan Undang – undang nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu pada sebelumnya, yang ketentuan saat pegang jabatan dan mengikuti seleksi maka harus mundur.

“Masyarakat jangan langsung berkesimpulan atas masalah tersebut, tetapi harus mengacu pada regulasi yang ada, serta petunjuk teknis yang ada,” pintanya. (Ssd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut