Dishub Halteng Bakal Tertibkan Tarif Anggkutan Umum dan Ojek

  • Bagikan
Kadishub Halteng, A Yasin Hayatudin

WEDA- Dinas Perhubunggan (Dishub) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dalam waktu dekat akan memanggil supir angkutan lintas Weda-Sofifi, Weda-Sagea Lelilef dan anggkutan umum lintas serta ojek yang ada di Kota Weda.

“Kami akan panggil sopir anggutan umum dan ojek yang ada di Weda untuk menggadakan rapat bersama membicaran tariff,” kata  Kepala Dinas Perhubunggan, A Yasin Hayatudin saat dihubungi KabarMalut, Minggu,(28/1/2018).

A Yasin menyebutkan, langkah ini diambil karena selama ini sopir anggkutan umum lintas Weda-Sofifi, Weda-Sagea dan sopir lintas lainnya menentukan tarif semaunya sopir, dan tidak menggikuti peraturan yang diterapkan pemerintah melalui SK.

“Misalnya sopir lintas ditentukan pemerintah sebesar Rp 80.000 per orang sesuai SK, tapi kenyataan di lapanggan mereka (sopir), menentukan tarif tidak sesuai SK, bahkan ada yang sampai Rp.120.000 per orang,” ungkapnya.

Menurutnya, hal yang sama juga berlaku untuk ojek yang selama ini banyak dikeluhkan oleh warga, dimana  tarif yang ditentukan mereka karena jarak yang begitu dekat dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang.

“Memang di dalam Undang-undang Nomor 22 Tentang Angkutan Jalan,dalam regulasi mereka, ojek bukan anggkutan umum, tapi mareka secara langsung menggangkut penumpang,” jelasnya.

Ditanya terkait perlu tidaknya dibentuk peraturan daerah terkait masalah ini, A Yasin menjelaskan,  akan meminta masukkan dengan pihak terkait seperti akademisi, wartawan, kepolisian serta masyarakat dan pihak lain.

“Untuk membicara tentang apa perlu diperdakan atau tidak, saya juga akan bicarakan dengan bupati tentang angkutan ojek,” ungkapnya.

Dia menambahkan, agar supaya mempunyai badan hukum dan tidak semena-mena menentukan tarif .

“Intinya kita akan atur mereka,  agar supaya menyumbang pendapatan daerah,” tutupnya. (*)

 

Editor: Ong
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut