Forkompinda Bertemu KPU dan Bawaslu Bahas Kesiapan Pilgub

  • Bagikan
Rapat Kesiapan Pilgub antara Forkompinda bersama KPU dan Bawaslu

TERNATE – Forum Komunikasi dan Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Maluku Utara yang terdiri Gubernur, Pimpinan DPRD Malut, Kapolda, Danrem 152 Babullah dan Kepala Badan Intelejin Negara Daerah (Kabinda) Malut melakukan rapat kesiapan pemilihan gubernur  tahun 2018 bersama dengan KPU Malut dan Bawaslu Malut, yang berlangsung di meeting room royal resto Ternate, Minggu (28/1/2018).

Dalam pertemuan tertutup selama 3 jam tersebut, membahas sejumlah hal seperti kesiapan keamanan dari Polda dan Korem 152 Babullah, kesiapan penyelenggara pilgub oleh KPU dan Bawaslu, pemetaan potensi konflik dari  kabinda dan anggaran pilgub oleh Pemprov Malut.

Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba menyebutkan untuk anggaran pilgub telah menyediakan  diakomodir dalam APBD 2018, meskipun hingga saat ini APBD 2018  belum berjalan normal. “Saya sampaikan bahawa meskipun ini (APBD) belum normal akan tetapi kita akan gunakan anggaran itu mendahului proses pengkajian APBD, paling lambat besok cair,” kata gubernur kepada sejumlah wartawan usai rapat.

Diketahui anggaran Pilgub Malut tahun 2018 sebesar Rp 380 miliar, yang sudah dilakukan pencairan tahap awal pada 2017 lalu sebesar Rp 66,7 miliar.

Ketua KPU Malut, Sahrani Somadayo dan Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin mengaku secara teknis telah siap dalam menghadapi pilgub Malut 2018. Sementara itu dari pihak kepolisian dan Korem 152 Babullah siap mengamankan.

Untuk penjabaran potensi konflik, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito menolak untuk memberikan keterangan karena beralasan informasi tersebut adalah data intelijen yang tidak bisa dipublikasikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut