Inspektorat Kepsul Mulai Audit DD dan ADD 2017

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Kepsul, Safrudin Sapsuha

SANANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (kepsul), melalui Inspektorat mulai melakukan audit pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017.

Kepala Inspektorat Kepsul, Safrudin Sapsuha mengungkapkan, pengelolaan DD dan ADD tahun 2017 kini mulai dilakukan tahapan audit terhadap berbagai program desa menggunakan ADD yang bersumber dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan DD dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Kalau dulu kita hanya audit ADD tapi mulai tahun 2017, BPK telah merekomendasikan kepada Inspektorat untuk audit DD,” ungkap.

Menurutnya, dokumen yang diaudit berupa RPJMDes, RKPDes, APBDes dan dokumen keuangan berupa laporan pertanggungjawaban.

“Selain dokumen, kami juga audit langsung di lapangan terkait pembaguan fisik diantaranya stapak, bagunan talut, saluran atau drainase, pembukaan badan jalan, pemberdayaan pemuda, Kader Posyandu dan pembinaan kamtibmas,” jelasnya.

Tahapan audit  DD dan ADD tahun 2017 baru dimulai, karena memang mekanisme APBDes siklusnya tidak sama persis dengan APBD reguler dari Pemda.

“Kalau DD sumbernya dari APBN jadi masuk ke khas daerah sering terlambat sehingga memang kita audit juga terlambat,” cetusnya. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut