Izin Limbah RSUD Halsel ‘Parkir’ di Meja Bupati

  • Bagikan
Direktur RSUD Labuha, dr Banani

LABUHA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha Kabupaten Halmahera Selatan hingga kini belum memiliki Izin Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Padahal Rumaha sakit milik Pemkab Halsel yang terletak dibilangan Desa Marabose Kecamatan Bacan itu berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Direktur RSUD Labuha, dr Banani mengaku, izin pengelolaan air limbah RSUD sampai saat ini belum dikeluarkan oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba.

“Izinnya tinggal menunggu tanda tangan dari Bupati,” ungkap dr Banani kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/1/2018).

Tempat penampungan Limbah Basah RSUD Labuha

Sementara untuk pengelolaan limbah kering pihaknya sudah melakukan uji kelayakan, hanya saja sampai saat ini masih menunggu izin dari Kementrian Kesehatan RI. Untuk itu pengelolaan limbah kering milik RSUD Labuh, pihaknya melakukan Kerja Sama Operasi (KSO)  dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Beosoiri Ternate, sejak bulan April 2017.

“Kerja Sama Operasi  dengan pihak RUSD Ternate, sudah jalan sejak bulan april 2017,” ucapnya.

Lanjutnya, sementar proses pengadilan limbah pihaknya menyediakan kontener khusus untuk mengangkut limbah dari RSUD Labuh dikirim ke RSUD Chasan Boesoiri Terntae.

“Ada kontener khusus jadi ditampung dulu, kita kemarin sudah urus izin penampungan limbah. Dalam satu bulan bisa satu sampai dua kali pengeriman,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut