Kampanyekan Calon Kandidat di Medsos, ASN Samsat Halut Terancam Dipecat

  • Bagikan
Divisi HPP Panwaslu Halut, Suparman Pawah

TOBELO – Aparatur Sipil Negara (ASN) sejatinya harus bebas dari politik praktis, apabila melanggar aturan itu siap-siap dikenai sanksi. Hal inilah yang menimpa salah satu oknum PNS UPTD Samsat Halut yang berinisial SS (Sala Saban).

SS diduga kuat terlibat dalam politik praktis karena mengkampenyekan pasangan calon kandidat ‎gubernur dan wakil gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba dan M. Ali Yasin (AGK-YA) di media sosial (medsos) facebook miliknya. Bahkan pada beberapa postinganya tersebut, SS secara jelas merubah foto profilnya menjadi dengan foto milik pasangan cagub AGK-YA.

Postingan SS yang merupakan mantan driver AGK  ini, menjadi viral dan dipantau beberapa Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), salah satunya Ketua Panwascam Tobelo Utara, Ikhsan Hamiru.

“Saya juga dilaporkan masyarakat soal itu, dan memang itu kuat terindikasi politik praktis. Yang bersangkutan harus dievaluasi tegas karena memposting pasangan calon kandidat gubernur di Medsos,” kata Ikhsan kepada KabarMalut, Rabu (31/1/2018).

Hal senada juga diakui Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran ‎(HPP) Panwaslu Kabupaten Halut, Suparman Pawah.

Suparman bahkan mengaku oknum ASN SS sudah dipanggil untuk memberikan klarifikasi soal ini, namun terkesan diabaikan karena tidak memenuhi panggilan tersebut.

“Kami bakal layangkan surat pemanggilan ke dua, kalau kali ini dia mangkir lagi tetap kami tindak lanjut. Dua saksi bahkan sudah kami periksa soal temuan ini, dan keduanya membenarkan hal tersebut,” jelasnya.

‎Menurutnya, ‎ indikasi kuat keterlibatan pegawai UPTD Samsat Halut ini terancam dipecat dari ASN jika dalam pengkajian yang bersangkutan terbukti terlibat dalam politik praktis.‎‎

“‎Edaran Menpan dan aturan ASN sudah jelas bahwa ASN tidak boleh berpolitik praktis. Sanksi ringan berupa penurunan pangkat dan pemberhentian sementara dari ASN,” tutupnya. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut