KPU Halbar Lanjut Verifikasi Faktual 4 Parpol

  • Bagikan
KPU Halbar melakukan Verifikasi pencocokan data pengurus Parpol di Sekretariat DPD II Golkar Halbar

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melanjutkan proses Verifikasi Faktual terhadap 12 partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019. Hari kedua, verifikasi dilakukan mulai dari Partai Golkar, pada pukul 10.00 WIT, kemudian bergeser ke Partai Hanura pukul 11.30 WIT, PDI-P  dan PKB.

Komisioner KPU Halbar, Ramla Hasyim mengatakan, verifikasi faktual dilakukan selama tiga hari berturut-turut, dimulai terhitung 30 Januari 2018 sampai 1 Februari 2018. Dan baru dilakuan 2 hari ini terhadap 8 Parpol.

“Hari pertama, Demokrat, Nasdem, Gerindra dan PKS, hari kedua di Partai Golkar, Hanura, PDI-P dan PKB. Jadi tinggal besok 4 Parpol, yaitu PPP,  PAN, PKPI dan PBB,” ungkap Ramla kepada KabarMalut, Rabu (31/1/2018).

Lanjut Ramla, KPU melakukan pencocokan kartu tanda anggota yang diserahkan masing-masing pengurus Parpol dengab KTP elekteonik dan identitas kantor atas hak kepemilikan,  dan termasuk keterwakilan 30 persen Perempuan.

“Termasuk dari sampel yang diambil dari 50 persen kecamatan. Artinya, 4 kecamatan sudah cukup dan lebih baik banyak dan jangan sampai kurang,” tandasnya.

Menurutnya, dari hasil verifikasi faktual terhadap Parpol belum bisa diumumkan ke publik karena harus dilakukan perbaikan dari jumlah kekurangan maupun pelanggaran dan bisa diumumkan terkecuali  proses tahapan pleno sudah selesai dilakukan penetapan. Karena itu berdasarkan, PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan,  program dan jadwal penyelanggaraan pemilihan umum tahun 2019.

“Untuk sementara presentasi Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) belum bisa diumumkan karena masih dalam tahapan verifikasi, dan jika diumumkan bila mana tahapan pleno sudah selesai dilakukan,” cetusnya.

“Kami berhara partisipasi Parpol dalam tahapan verifikasi sangat penting, sehingga cepat dibuat perbaikan mengingat waktu perbaikan hanya dua hari,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Narjo Usman 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut