Suku Sanger Talaud di Halbar Gelar Upacara Tulude

  • Bagikan
Wakil Bupati Halbar, Ahmad Zakir Mando pada acara Upacara Tulude, suku Sangir Talaud, desa Soakonora

JAULOLO – Bupati Halmahera Barat Danny (Halbar), Missy dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, serta sejumlah pimpinan SKPD, menghadiri upacara Adat Talude, yang dirayakan oleh kerukunan Suku Sangir Talaud dan Sitaro, di Desa Soakonora Kecamatan Jailolo, Rabu (31/1/2018).

Ketua Adat Kerukunan Suku Sangir Talaud, Daut Kampung Dae menjelskan, Ucapara Adat Tulude merupakan upacara tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara di Kepalauan Sangir Talaud dan Sitaro, yang terletak diijung utara Provinsi Sulawesi Utara,  yang sudah berabat-abat dilakukan oleh leluhurnya, sebegai ungkapan rasa syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Maha Kuasa). Untuk di Halbar sendiri, sudah dirayakan sebanyak 4 kali mulai dari tahun 2015-2018 sekarang ini.

“Kami sebagai generasi Suku Sanger Talaud dan Sitaro terus melindungi dan melestarikan Adat kami setiap tanggal 31 Januari,” ungkapnya.

Sementara Bupati Danny Missy, mengapresiasi upacara Tulude yang dilaksankan oleh warganya dari Suku Sanger Talaud dan Sitaro ini, karena dapat menambahkan kakayaan budaya di Halbar.

“Atas nama Pemerintah Halbar, saya berharap agar Adat Tulude ini, bisa diikutkan dalam Festival Teluk Jailolo dan Festival Kepulauan Rempa-Rempa yang dilaksanakan oleh Pemda Halbar,” ujarnya.

Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, yang juga Sesepuh Suku Sangir Talaud  mengatakan, lebih ditingkatkan kebersamaannya di rantau orang. Ia pun mengakui telah dinobatkan salah satu bagian dari suku Sangir, sehingga kedepannya lebih menggali dan nuansa gaunnya diperluas lagi.

“Kita berusaha untuk adat ini lebih berasa, apalagi sudah menjadi agenda tahunan dan yakin berjalan dengan baik,” tandasnya. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut