Bersihkan Kota Jailolo, BLH Gunakan Strategi Jitu

  • Bagikan
Kadis BLH Halbar, Ismail Alwi

JAILOLO – Sampah menjadi masalah serius bagi hampir seluruh kota di Dunia, tak terkecuali Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), akan tetapi untuk mengatasi masalah tersebut,  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Halbar mulai berbenah dengan menyiapkan starategi jitu, dalam malakukan pembersihan di kota Jailolo.

Caranya, dengan pembagian wilayah I mulai dari Desa Tuada, Bukumatiti, Porniti sampai Jati. Sedangkan wilayah II mulai dari Desa Banehena, Galala, Gufasa, sampai di persimpangan jalan Soakonora. Untuk wikayah III mulai dari Idamdehe, Gamtala, Lolori,  Toboso sampai persimpangan Polsek Jailolo, Dan wilayah IV mulai dari Desa Kuripasai, Tedeng dengan Acango.

“Kita sudah siapkan strategi untuk melakukan pemberaian dengan melakukan pembagian wilayah,” ungkap Kepala BLH Halbar, Ismail Alwi kepada KabarMalut, Kamis (1/2/2018).

Ismail menyebutkan, pihaknya juga menyiapkan 112 personil, yang terdiri dari Satgas pemotongan rumput, Satgas sapu jalan, Satgas sampah serta Satgas retribusi. Juga termasuk melakukan sosialisasi ke masyarakat atas pembuangan sampah.

Untuk itu, Ismail menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah semberangan dan telah penyiapkan  Tempat Pembuang Akhir (TPA). Sehingga target dapat tercapai, karena sampai kini masih butuh kerja ekstra agar menuju pencapaian.

“Kita tetap berupaya agar mencapai target, apalagi kami ditargetkan dalam penagihan retribusi harus sesuai harapan,” jelasnya.

Walaupun demikian, pihaknya tetap berupaya retribusi bisa mencapai sebesar Rp 120 juta bisa tercapai.

“Tahun kemarin, kita ditargetkan Rp 80 juta dan hanya tercapai Rp 50 juta,  dan tahun ini diberikan target Rp  120 juta semoga dapat tercapai,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut