Akademisi Bongkar Niat AGK Turun Ke Daerah

  • Bagikan

SOFIFI – Menjelang akhir masa jabatan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba rajin melakukan kunjungan  ke  10 Kabupaten dan Kota, hal ini dinilai sangat bermuatan politis, apalagi kunjungan AGK ke Kabupaten Pulau Taliabu dan Kabupaten Kepulauan Sula, yang selama menjabat  sebagai gubernur tidak pernah disinggahi.

“Orang orang pasti akan bertanya  ketika biasanya tidak datang, lalu kali ini tiba tiba datang  mengunjungi daerah tersebut, tentu ini sangat bernuansa pilitik,” kata Kandidat Doktor Ilmu Komunikasi  dari Universitas Padjadjaran Bandung, Helmi Alhadar kepada KabarMalut, Jumat (2/2/2018).

Helmi menyebutkan langkah AGK ini jika dihubungkan dengan momentum tahun politik pemilihan gubernur 2018, maka ada pesan yang ingin disampaikan oleh AGK kepada masyarakat yang dikunjunginya.

“Saya menilai ini ada upaya untuk mengelola kesan dimana Ghani berupaya memberikan kesan kepada masyarakat bahwa dia memperhatikan masyarakat di daerah, apalagi dengan ucapan saya akan melanjutkan pembangunan,” ungkap mantan wartawan senior ini.

Meski begitu menurutnya, hal ini juga menunjukan AGK mampu memanfaatkan posisinya sebagai petahana gubernur untuk menggunakan kapasitasnya dalam mendulang dukungan masyarakat.

“Memang inilah keuntungan sebagai petahana gubernur, meski kunjungan seperti ini sangat jelas beruatan politis yang menguntungkannya, akan tetapi tidak bisa disalahkan karena AGK masih berkapasitas sebagai gubernur aktif,” ujarnya.

Akan tetapi secara etis, tidak dibenarkan jika dalam kunjungan itu dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan 2018 semata, karena dalam kunjungan tersebut menggunakan fasilitas negara yang seharusnya tidak bisa digunakan untuk kepentingan politik. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut