Dirjen Perhubungan Laut Akui Pelabuhan Halbar Minim Fasilitas

  • Bagikan
Dirjen Perhubungan Laut Agus H bersama Bupati Halbar dan Camat Jailolo

JAILOLO – Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Pornomo, mengakui infrastuktur pelabuhan Mutui maupun pelabuhan rakyat Jailolo masih butuh fasilitas pendukung karena masih sangat kurang dan jauh dari standar pelabuhan yang layak.

“Masih kurang karena belum ada lokasi bongkar muat khusus pelabuhan Mutui yang baru diresmikan maupun Pelabuhan Rakyat,” ungkap Agus kepada KabarMalut, Sabtu (3/2/2018).

Pelabuhan Mutui

Agus  menyebutkan, pelabuhan Mutui sangat berpotensi, sehingga nanti dilihat kedepannya dari sisi arus barang datang dan pergi, bila terus tumbuh maka pasti secara ekonomi akan berkembang. Dengan begitu Pemerintah patut menfasilitasi keperluan palabuhan. Tetapi jika pertumbuhan ekonominya tidak terjadi kemajuan, maka berdampak pihak swasta tidak akan datang berinvestasi.

“Nanti kita lihat perkembangannya kedepan, tetapi tetap mengacu dari pertumbuhan ekonominya,” ujarnya.

Sesuai draf yang diperlihatkan kepadanya, ukuran pelabuhan bisa 9 meter, bahkan lebih maka kapal besar juga bisa masuk. Walaupun demikian, potensi maju pesat tetap diprioritaskan seperti penambahan fasilitas pendukung, berupa alat bongkar muat.

“Luasnya arealnya, sangat penting untuk menampung barang sementara, untuk manuver alat berat sehingga harus ditingkatkan,” tandasnya. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut