Kades Moiso Diduga Bentuk BUMDes Tanpa Musyawarah

  • Bagikan
Pemuda Desa Moiso, Sahlan Kader

JAILOLO – Kepalah Desa  Moiso Idris Gula, diduga telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Moiso kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat (Halbar), tanpa melalui musyawarah, sehingga kini menuai protes dari kalangan masyarakat.

Pemuda  Desa Moiso, Sahlan Kader mengatakan, sikap Kades dalam Pembentukan BUMDes Moiso yang tidak melibatkan unsur masyarakat sangat disayangkan. Karena tidak sesuai dengan isyarat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pada pasal 88 ayat 1 terkait pendirian BUMDes yang harus disepakati melalui Musyawarah.

“Pembentukan BUMDes sudah tidak sesuai mekanisme dan isyarat undang – undang, ” ungkap Sahlan, kepada KabarMalut, Minggu (4/2/2018).

Lanjut Sahlan, langka Kades dengan melakukan penunjukan langsung ini sudah jelas bertentangan, sehingga ini bisa akan berdampak pada kolusi dan nepotisme karena tidak melalui tahapan yang telah diatur.

Hal itupun dibenarkan oleh Sekretaris Badan Permusyarawatan Desa (BPD), Adnan Hi. Rijal. Menurutnya, selama ini Kades tidak melakukan musyawarah tentang Peraturan Desa (Perdes).

Kades Moiso Idris Gula, sendiri hingga kini belum berhasil konfirmasi, no hanphone dihubungi belum tersangbung hingga berita ini tayang. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut