Diduga Korupsi DD, Warga Desa Kou Dan Mahasiswa Tuntut Pemecatan Kades

  • Bagikan
Aksi gabungan mahasiswa dan masyarakat menuntut Kades Kou mundur

SANANA – Terlibat pelanggaran dalam pengelolaan Dana Desa (DD), di desa Kou Kecamatan Mangoli Timur Kabupaten Kepulauan Sula oleh  Kepala Desa Kou, Basir Duwila  kembali mendapat hantaman dari warga desa , lewat demonstrasi yang digelar didepan kantor DPRD Kepsul dan kantor Bupati Kepsul, pagi tadi, Senin  (05/02/2018).

Aksi yang didukung langsung oleh beberapa elemen grakan organisasi kemahasiswaan di kepsul itu diantaranya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sanana , Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) EK- Kota Sanana, dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) berjalan lancer,  namun tak membuahkan hasil baik sebab tidak bertemu Bupati  Kepsul Hendrata Thes.

Ketua LMND,  Sula Julfiki Umaternate meminta secara tegas bupati kepsul Hendrata Thes, segera pecat Kades Kou yang telah salah dalam mengelola anggaran dana desa, karena jika tidak maka akan berdampak pada kondisi keamanan di desa, sebab sesama warga yang pro maupun kotrak akan saling bermusuhan karena fanatiknya.

Ketua umum HMI Cabang Sanana, Abid Wambes dalam orasinya menuding Bupati Kepsul , sengaja pelihara Kades Kou  untuk kepentingan pokitik,  sehingga tidak memiliki keberanian untuk memberhentikan kades Kou yang jelas telah menyalahi ketentuan.

Terpisah, Ketua GMNI  Sula Riswan Abas mengatakan bahwa Pemerintah HT-ZADI  tidak kala bobroknya dengan pemerintahan sebelumnya, bahkan ketua LMND tersebut mengaku masih ada baiknya dengan kepemimpinan sebelumnya,  yang tegas mengambil sikap pada bawahannya yang telah bersalah.

Karena tidak ada Bupati Hendrata Thes, maka asisten III Kepsul,  Ahmad Salawane menemui masa aksi, namun karena tidak mengetahui alur penindakan kasus kades Kou maka asisten III meminta maaf. Mendengar penyampaian AS III masa aksi langsung balik. Masa Aksi berjanji tidak akan diam dan akan kembali datangi kantor bupati. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut