DPRD Halbar Apresiasi Perjalanan Dinas Bupati

  • Bagikan
Anggota Komisi III DPRD Halbar Samad Hi. Moid

JAILOLO – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Barat (Halbar) mengapresiasi perjalanan dinas keluar daerah Bupati Halmahera Barat Danny Missy. Walaupun perjalanan mencapai Rp.1.170.000.000 (1,170 Miliar) dengan 36 kali perjalanan dalam setahun, masih dianggap wajar.

Anggota Komisi III DPRD Halbar Samad Moid kepada KabarMalut, di kantor DPRD, Selasa (6/2/2018), menilai perjalanan dinas Bupati keluar daerah pada tahun 2018 senilai Rp. 1,1 Miliar tidak perlu dipersoalkan karena masih wajar, dan kalau dibandingkan dengan mantan Bupati Halbar H. Roba mencapai Rp.1,5 Miliar yang nilainya lebih tinggi.

“Anggaran perjalanan dinas Pak Bupati, dan kenapa saya katakan sah – sah saja karena DPRD Halbar yang mengesahkan. Sehingga tidak bisa disoalkan, apalagi kegunaannya untuk pemerintahan,”ucapnya.

Menurutnya, perjalanan dinas keluar daerah Bupati patut diapresiasi karena telah membawa hasil untuk pembangunan daerah. Sebagai buktinya, telah berhasil membawa Dana Alokasi Khusus (DAK) dari sebelumnya hanya Rp. 78 Miliar menjadi Rp. 279 Miliar.

“DAK kita saat ini sudah mencapai Rp 279 miliar untuk Halbar. Sehingga harus di apresiasi kinerja pak Bupati,”tandasnya.

Sementara Akademisi dari Unkhair Ternate Dade Bubu, SH, MH, mengatakan, perjalanan Bupati keluar daerah yang digunakan disetujui oleh DPRD dan telah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maka secara dari aspek hukum tidak masalah, dan disesuaikan dengan jumlah yang ada. Tetapi jika itu diluar dari yang dianggarkan maka itu menjadi masalah.

“Memang banyak orang yang menilai angkanya fantastis, tetapi bila parameter perjalanan harus di cek sekali perjalanan dan tepat pada angka yang ada. Lain hal dengan yang dibuat – buat maka pasti bermasalah “ketusnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut