Pos UKK Tuada Jadi Fokus Puskesmas Kota Jailolo

  • Bagikan
Suasana pertemuan Masyarakat Tuada dengan Puskesmas Jailolo soal UKK

JAILOLO – Puskesmas Kota Jailolo kembali mengadakan pertemuan dan kegiatan menyangkut keselamatan kerja kelompok tani, dengan orintasi pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di Desa Tuada, Selasa (6/2/2018).

Dikesempatan itu, Kepala Puskesmas Kota Jailolo, Iyan Adrian kepada KabarMalut mengatakan, UKK merupakan kegiatan pokok Puskesmas yang ditujukan terutama pada masyarakat kerja di desa. Dalam rangka, upaya pencegahan dan pemberangasan penyakit, serta kecelakaan berkaitan dengan pekerjaan dan lingkungan kerja.

Iyan menjelaskan, kesehatan kerja adalah memperoleh derajat kesehatan yang setinggi – tingginya baik fisik, mental dan sosial bagi masyarakat pekerja dan masyarakat lingkungan tempat kerja melalui usaha – usaha promotif, terhadap penyakit – penyakit atau gangguan kesehatan akibat kerja atau lingkungan kerja.

“Pos UKK dibentuk harus berasal dari keinginan masyarakat pekerja sendiri, yang memiliki anggota 1 pos UKK sebanyak 10 sampai 50 orang pekerja,” jelasnya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini maka permasalahan kesehatan kerja dapat dideteksi secara dini, dan memperoleh pelayanan kesehatan kerja yang terjangkau. Sedangkan bagi kader kesehatan dengan cepat mendapatkan informasi lebih awal tentang kesehatan kerja, sehingga dapat memadukan kegiatan sektornya dalam pemberdayaan masyarakat lebih efektif dan efisien.

Iyan mengatakan, peran kader pos UKK, dapat identifikasi masalah dilingkungan kerja, menyusun rencana pemecahan masalah,  melaksanakan kegiatan di lingkungan kerja melalui promosi, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, melakukan pelayanan kesehatan kerja dasar.

“Melaksanakan kewaspadaan dini terhadap resiko dan masalah kesehatan kerja,  dan melaksanakan rujukan ke Puskesmas,”tandasnya.

Sekedar diketahui, turut hadir Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar, Samsudin, dan dari Puskesmas sendiri Kasmi Yati, Elvira Natasya, Jein Maarisit. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut