Komisi I Soroti Kinerja Staf Ahli Pemkab Halbar

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Halbar, Djufri Muhammad

JAILOLO – Komisi I Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar mulai menyoroti kinerja Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Hukum Pemerintah kabupaten Halmahera Barat. Yang dinilai kurang berperan dalam memberikan kontribusi pemikiran terhadap Bupati maupun sampai pada pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halbar.

Hal itu terbukti, saat terjadi kesalahpahaman atas sinkronisasi program antara Pemkab dan Pemdes. Namun, staf ahli terkesan tidak ambil pusing. Padahal, itu merupakan tugas dan topoksinya agar berupaya menyamakan persepsi agar hasilnya menjadi baik.

“Sebagai staf ahli harus memberikan saran dan pertimbangan pada perbedaan pandangan soal program daerah dan desa. Tetapi bukan mengabaikannya, kalau begitu percuma saja duduk di staf ahli tetapi tidak berikan kontribusi pikiran, “ungkap Ketua Komisi I DPRD Halbar Djufri Muhammad kepada KabarMalut, Rabu (7/2/2018).

Djufri mengatakan, dari sisi perbedaan pandangan tak tersebut harus dicarikan formula yang tepat sehingga program Pemkab dari 3 sektor unggulan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang sudah didanai tidak perlu didanai oleh Pemdes.

“Jadi 3 sektor program, Perikanan, Pertanian dan Pariwisata harus sinkron dengan program di desa. Misalnya, tidak bisa dianggarkan melalui anggaran desa maka SKPD bisa menganggarkannya,”tandasnya.

Djufri menjelaskan, program yang sudah menjadi skala prioritas maupun prioritas di pembahasan Musrembang bisa menjadi tela’a sehingga menjadi Rencana Kerja (Renja) bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga ini menjadi tanggungjawab staf ahli dalam rangka memberikan masukan dan pertimbangan.

“Jadi bukan berarti, saat kegiatan dilapangan yang menjadi tugas SKPD, mala yang jadi pusing adalah staf ahli ikut berperan melakukan persiapan,”cetusnya.

Menurutnya, staf ahli adalah pemikir dan membuat kajian – kajian starategis untuk membantu Bupati, jadi bukan instruktur lapangan.

Selain itu, Djufri menambahkan, atas sikap Apdesi yang datang bertemu Bupati, untuk mengusulkan sinkronisasi program itu sangat luar biasa. Dengan begitu, ia memberikan apreaiasi atas upaya Apdesi,”salut Djufri, yang juga ketua DPD Nasdem Halbar ini. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut