Terkait Tapal Batas Haltim-Halteng, Menunggu Putusan Kementerian

  • Bagikan
Plt Bupati Haltim, Muhdin Mabud

MABA – Tapal batas Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dan Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), hingga saat ini masih tarik menarik. Namun, Wakil Bupati Haltim Muhdin Mabud mengakui jika sudah ada titik terang.

“Saya kira itu sudah ada konsep SK nya, jadi tinggal menunggu putusan dari kementerian,” katanya

Meski demikian, pihaknya saat ini masih menunggu kabar dari pihak kementerian terkait dengan putusan tapal batas tersebut, namun soal tapal batas tersebut, pihaknya tetap berpatokan pada keputusan awal yaitu, tepatnya di Sakakube, yang berdasarkan dengan batas adat.

“ Jadi kami di Haltim tetap berpatokan pada batas adat, karena disitu batas administrasi, persoalan keputusan dari kementerian ya, nanti kita lihat,” jelasnya.

Sebab, kata Muhdin, jika hal tersebut mengacu pada lampiran Undang-undang Nomor 1 oleh Kementerian Dalam Negeri tentang peta, sesungguhnya tidak memiliki kaidah-kaidah dalam peta dan hanya bisa disebut sebagai sketsa, sehingga itu maka tetap berpatokan berdasarkan yang ditetapkan secara adat.

“Jadi, undang-undang itu tidak bisa dipakai, karena semuanya itu harus berpatokan dengan batas adat. Jika tidak mau, pakai apa lagi,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut