Rencana Pemkab Halbar Terapkan Sistem Bagi Hasil Bakal Sia-sia

  • Bagikan
Pelabuhan Jailolo

JAILOLO – Rencana Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Perhubungan menerapkan sistem bagi hasil dalam pengelolaan karcis masuk pelabuhan Jailolo sejak 2016 sampai memasuki 2018 tidak kunjung berhasil.

Kepala Dishub Halbar Agus Purwoko, saat dikonfirmasi kabarmalut.co.id, Selasa (13/2/2018) mengatakan, pihaknya sementara menunggu Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Rahman Soamole datang. Kemudian dilakukan pertemuan untuk membahas sistem bagi hasil. “Kami menunggu beliau (Rahman Soamole) datang baru  membicarakan,” ungkapnya.

Menurutnya, harus adanya sistem bagi hasil, sehingga daerah ini juga dapat kebagian. Karena adanya tambat-labuh pelabuhan speed boat.

“Kami mengupayakan agar dalam penagihan karcis masuk pelabuhan Jailolo oleh pihak UPP setempat harus menggunakan sistem bagi hasil,” katanya.

Dengan begitu, dapat mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengingat di dalam pelabuhan seperti dua dermaga speed boat dibangun menggunakan APBD Halmahera Barat sehingga daerah juga berhak untuk mengelolanya.

“Di dalam pelabuhan Jailolo terdapat fasilitas daerah seperti dua dermaga dibangun menggunakan APBD. Jadi bukan hanya APBN sehingga dengan begitu, daerah juga berhak menerima pendapatan dari hasil sistim bagi hasil tersebut,” ujar Agus.

Agus mengaku, untuk sistem bagi hasil pernah dibicarakan dengan Kepala Syhabandar Klas III B Jailolo, tapi masih dalam bentuk lisan, sehingga dalam waktu dekat ini pihaknya menyiapkan dokumen tersebut.

Terpisah Kepala UPP Pelabuhan Halbar Rahman Soamole mengatakan, sampai saat ini belum ada satu keputusan yang jelas antara pihaknya dengan Dishubkominfo.

Rahman beralasan, bahwa penarikan karcis masuk tersebut disesuaikan dengan ketentuan PP Nomor 15 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak (PNBP), yang berlaku di Kementerian Perhubungan. Dan, hasil penagihan itu disetor ke kas negara.

“Peraturan pemerintah itu, tidak bicarakan mengenai bagi hasil, hasil penerimaan disetor ke negara langsung,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut