Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi Jelang Pilgub

  • Bagikan
Deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politisasi Sara (Foto: Sahril Nento)

WEDA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Rabu (14/02/2018) melakukan deklarasi yang dihadiri oleh pemerintah, pengurus partai politik, KPUD, aparat keamanan TNI dan Polri dan pihak terkait, bertempat di pendopo Falcino.

Sambutan Bupati Halteng yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Halteng Rustam bahwa Politik uang dan politisasi sara merupakan hambatan dalam mewujudkan pilkada yang berkualitas.

Kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan harus benar-benar menyatakan perlawanan terhadap tolak dan lawan pokitik uang serta politisasi sara karena politik uang dapat menciptakan potensi tindakan korupsi yang harus dapat dihindari.

“Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara, Politik uang dan politik sara menjadi musuh bersama, praktek ini dapat menciptakan potensi tindakan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan, sedangkan sara berpotensi dapat mengganggu persaudaraan dalam negara kesatuan RI,” katanya.

Bupati juga berharap agar Panwaslu Kabupaten Halmahera Tengah dapat mensosialisasikan surat edaran Komisi ASN Nomor B-2900/KASN/11/2017 tanggal 10 Nov 2017 tentang pengawasan dan netralitas pegawai ASN pada pelaksanaan pilkada seretak tahun 2018.

Disela-sela acara, masing-masing partai pengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut memberikan paparan terkait deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politisasi sara. Pasangan no urut 1 AHM-Rivai diwakili partai pengusung partai Golkar, urut 2 Bur-Jadi diwakili partai Nasdem, urut 3 AGK-Ya PDI-P namun tidak hadir dan tidak memberikan paparan. Sementara dari urut 4 MK- Maju diwakili oleh partai PKS.

Sementara itu acara juga diisi dengan membubuhkan tanda lima jari ke spanduk deklarasi sebagai aksi tolak politik uang dan politisasi sara oleh assisten I, Kasat reskrim dan yang mewakili seluruh elemen masyarakat di Halmahera Tengah.

Kegiatan Deklarasi oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Halteng dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Jainul Sadek, Kasat reskim Polres Halteng, para pemimpin Partai di Kabupaten Halteng, ketua Panwas dan Anggota, Panwascam, para kepala desa se kec. Weda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, komunitas jurnalis Halteng, serta beberapa elemen masyarakat. (ags)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut