Sempat Tertunda, Tamsil Guru Pekan ini Bakal Dibayarkan

  • Bagikan
Kepala BPKD Halbar, Can Ahmad

JAILOLO – Pembayaran tunjangan penghasilan (Tamsil) guru di kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun 2017sempat tertunda, akan tetapi ada kabar baik tamsil guru akan segera dibayarkan Pemkab Halbar pada pekan ini.

“Jadi yang jelas akan dibayarkan pekan ini,”ungkap Kepala BPKD Halbar Can Ahmad kepada KabarMalut, Rabu (21/2/2018).

Lanjut Can Ahmad, pembayarannya berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halbar, untuk penerima tamsil sebanyak 1.120 guru.

“Jadi tinggal data dimasukan oleh Dikbud maka langsing dilakukan proses pembayaran,” ungkapnya.

Walaupun demikian, Lanjut Can Ahmad, dari anggaran yang direalisasikan dari kas daerah (Kasda) untuk pembayaran tamsil guru sebesar Rp 4 miliar untuk tahun 2017 belum ada pengembalian. Dengan begitu, tinggal menunggu hasilnya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Daikbud) Halbar berkonsultasi dengan Kemendikbud.

“Soal anggaran tersebut, tinggal menunggu realisasi dari Dikbud Halbar,”ujarnya.

Sementara Kadis Dikbud Halbar, Soni Balatjai mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI dari hasil pembayaran hanya berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebanyak 756 guru, padahal data yang sebenarnya sebanyak 1.120 guru penerima tamsil. Dan menurut mereka sisanya adalah shering dengan Pemkab Halbar.

“Ini kesalahannya dari guru – guru karena sebagain besar dapodiknya tidak terkafer di Kemendikbud, jadi mereka bayar sesuai data yang masuk sebanyak 756 guru,” terangnya.

Tamsil 2017, lanjut Soni, baru dibayarkan triwulan pertama dengan alokasi anggaran sebesar Rp 818 juta, dan sisanya tiga triwulan sebesar Rp 2 miliar lebih sesuai koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Halbar, akan dibayarkan pekan ini.

Soni mengatakan, soal Rp 4 miliar dari kasda itu bukan pinjaman atau hutang tetapi itu karena belum adanya realisasi,” ketusnya.

Selain itu, Soni menambahkan, untuk pbayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan tunjangan guru Daerah Terpencil (Dacil) yang sempat tertunda sudah diselesaikan. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut