Jelang Pilkada Serentak, Kodim Tobelo Gelar Latihan Penindakan Huru Hara

  • Bagikan
Prajurit Kodim Tobelo ketika Latihan Penindakan Huru Hara

TOBELO – Kodim 1508/Tobelo melaksanakan latihan Penindakan Huru Hara (DAKHURA), kegiatan yang diikuti sebanyak 2 SST personel Prajurit ini untuk memantapkan kemampuan personel Kodim 1508/Tobelo dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018.

Perwira Seksi Operasi Kodim 1508/Tobelo, Kapten Arh Mohamad Ali mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan Kodim 1508/Tobelo dalam mengatasi aksi huru hara, demonstrasi atau aksi massa terutama yang berkaitan dengan kesiapan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018.

“Sesuai dengan UU RI nomor 34 tahun 2004, salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu tugas Pemerintahan di daerah dan membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang,” kata Mohamad, Kamis (22/2/2018).

Terpisah, Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto mengatakan bahwa kegiatan Latihan Penindakan Huru Hara ini merupakan program Satuan yang diinstruksikan oleh pimpinan TNI AD. Pada kegiatan minggu militer dalam rangka meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan mengasah kemampuan, mempertajam pengetahuan serta kemahiran Prajurit.

“Latihan tersebut untuk menyamakan teknik dan taktik ketika melakukan Penindakan Huru-Hara, sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan yang ada,” ujarnya.

Kegiatan latihan sendiri dilaksanakan dengan materi, Sikap Dasar Dakhura, Membentuk Formasi Bersyaf, Paruh Lembing, Tehnik Dorongan serta Tehnik Dorongan dengan Sabetan, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanakan materi Perubahan Formasi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut