Wisata Ake Sahu Soa Jawa Dan Keajaiban Menyembuhkan Penyakit

  • Bagikan
Pemandangan tempat wisata ake sahu soa jawa

JAILOLO – Aliran air panas yang keluar dari tanah, jernih dengan sedikit uap yang mengepul, bertemu dengan asinnya air laut di bibir pantai, tak kunjung meredakan panasnya,  namun justru sensasi rasa hangat yang menyengangkan bagi  tubuh jika beredam di dalamnya. Dipadu dengan pemandangan laut, ditemani dengan hamparan pepohonan kelapa yang berbaris di pinggiran pantai. Gambaran ini serupa sauna alami yang diidamkan banyak orang.

Begitulah yang ditemukan pada  Wisata ake sahu soa jawa tepat di pantai desa Galala Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, merupakan destinasi wisata pemandian air panas alami, yang menjadi andalan dan mampu menghipnotis para wisatawan, bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga  wisatawan mancanegara.

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota, menjadikan ake sahu soa jawa sangat mudah diakses, hingga menjadikannya primadona wisata Halmahera Barat. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang  indah, hingga membuat setiap mata betah memandangnya berlama lama, terlebih  sumber air panas diyakini memiliki keajaiban.

Pengunjung saat mandi di ake sahu soa jawa

Empat kolam air panas yang terbuat secara alami  dipercaya ampuh sebagai tempat pengobatan. Sebab, berbagai penyakit dapat disembuhkan seperti strok 85 persen sembuh, penyakit kulit (gatal – gatal), pegal – pegal, lemak tinggi, gula, rematik, asam urat, yang dapat diterapi secara alami di kolam air panas yang masih sangat alami ini.

“Tujuan kesini berlibur dengan keluarga, sambil berobat Alhamdulillah sudah 4 kali saya kemari dan penyakit kulit, saya berangsur – angsur mulai sembuh,” ungkap Siti salah satu pengunjung kepada KabarMalut, Sabtu (24/2/2019).

Hal serupa juga disampaikan Surahman Karim, sebelum pulang berlibur dirinya sisipkan beberapa botol diisi Air Panas untuk diminum dirumah.

“Apalagi saya strok jadi dilakukan secara rutin,” jelasnya.

Banyak pengunjung  memberikan testimoni, sumber air panas di ake sahu soa jawa memang memberikan kesembuhan pada penyakit yang dideritanya, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap hari oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Tak hanya itu, lidah pengunjung juga dimanjakan degan menu kuliner tradisonal khas Halmahera Barat. Seperti, Air Guraka kenari dan kacang, pisang mulu bebe, singkong goreng, dan masih banyak makanan khas lainnya.

Kades Galala Hafid Hi. Taib SH kepada KabarMalut, Sabtu (24/2/2018) mengatakan, wisata ake sahu soa jawa, yang baru dirintis sejak tahun 2017 kemarin ini, ia sudah mulai berbenah dan kedepan lebih baik lagi, semua fasilitas akan dibangun dan renovasi kolam Air Panas sehingga lebih aman dan nyaman.

“Dengan bermodal dana desa, kita akan mengupayakan untuk renovasi semua,” ungkapnya.

Kades Galala Hafid Hi. Taib SH

Hafid mengungkapkan, untuk sementara yang sudah tersedia adalah 7 gazebo ukuran 4×6, dengan 4 titik lokasi Air Panas, serta 1 unit pondok yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Soa Jawa.

Terpisah, Direktur Bumdes Soa Jawa, Sarif Marjud, mengatakan, walaupun dengan kondisi seadanya, pihaknya tetap optimis BUMDes dapat mengelola wisata dengan baik. Untuk saat ini, lebih banyak Swadaya dari pengurus BUMDes, Pemdes, dan masyarakat setempat.

“Demi pengembangan wisata kami tetap memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Bagi wisatawan yang mau berkunjung ke tempat wisata ini, anda dapat memilih rute dari pelabuhan Jailolo menuju ke lokasi wisata, akses jalan ditempuh dengan jarak 1 kilometer lebih, jika bingung dimana lokasinya, jangan malu bertanya, masayrakat sekitar pasti akan menunjukan arah tempat wisata yang populer ini. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut