Pemkab Halbar Peringati Hari Jadi ke 15 Tahun

  • Bagikan
Penyerahan prasasti oleh ketua Forkom Rustam Naser dan Kapita Lao Imrat Idrus, Kepada Bupati Halbar Danny Missy

JAILOLO – Pemerintah kabupaten Halmahera Barat memperingati Hari Jadi ke 15 tahun, yang jatuh pada 15 Februari 2018.

Perayaannya, dilakukan dengan penyerahan prasasti oleh Forkom sebagai pejuang perpindahan Kabupaten Halbar kepada pasukan adat Kesultanan Jailolo melalui kapita lao, di lokasi Festival Teluk Jailolo (FTJ).

Kemudian dilanjutkan dengan upacara  peletakan batu pertama monumen pahlawan Banau  oleh Bupati Danny Missy Dan Ahmad Zakir Mando, bersama dengan Pewaris dari pahlawan Banau, tepat di depan segi tiga Desa Gufasa, kecamatan Jailolo.

Peletakan batu pertama monumen pahlawan Banau oleh Bupati dan wakil Bupati Halbar

Upacara di pimpin langsung oleh Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny missy dan bertindak sebagai komandan upacara, Letda, INF. Bram serta perwira Upacara Letda INF. Filli Berthi Baladjai.

Dengan peserta, diperkirahkan berjumlah berkisar 2000 orang, terdiri dari pasukan paskibraka, TNI, POLRI, Satpol PP, Organda, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Halbar, Apdesi, KNPI, maupun OKP lainnya, pasukan adat, tokoh Masyarakat, komunitas sepeda dan motor, para pejuang perpindahan Kabupaten se-Halbar, serta para Siswa – siswa tingkat SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Jailolo.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan  kaki menuju kantor Bupati diikuti dengan pasukan kirab, kurang lebih seratus pasukan.

Kirab pasukan adat dan masyarakat Halbar

Setelah sesampainya di kantor bupati, Danny Missy menerima  penyerahan prasasti  air dan tanah yang di maknai mengenang para leluhur dan pejuang Halbar oleh ketua Forkom Rustam Naser dan Kapita Lao Imrat Idrus, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Halmahera Barat oleh Wakil Ketua II DPRD Halbar Nikodemus H. David.

Bupati Halbar Danny Missy, dalam sambutannya, mengatakan, sejarah telah mencatat, bahwa Halmahera Barat telah menjadi pusat kejayaan dan kebesaran daerah masa lampau dengan kesultanan Jailolo, ini mampu meningkatkan semangat dan daya juang kita bersama dalam membangun kabupaten Halmahera Barat menjadi wilayah yang berlandasan Ino Mo Fakati Nyinga di Jazira Moloku Kie Raha.

Lanjut Danny, marilah kita terus berusaha keras menjadi Kabupaten Halmahera Barat sebagai kebanggan Masyrakat.

“Pada momentum Hari Jadi Kabupaten Halmahera Barat ini, saya mengajak kita semua untuk berintopeksi, guna mengkontruksi mana hal-hal yang baik yang perlu kita pertahankan serta hal hal yang mana kita perbaiki,”ketusnya.

Danny berharap, pada usia ke 15 tahun ini, hendaknya tuhan menganugerahkan kita pada  pemahaman yang semakin dewasa, bijaksana dan matang untuk memberikan yang terbaik bagi daerah dan masyarakat yang dicintai ini. Sebagaimana tema yang diusung pada pelaksanaan hari jadi ini dengan memperingati kabupaten halmahera barat ke 15 tahun, kita tingkatkan persaudaraan yang hakiki.

Untuk itu, Danny mengajak, marilah kita mendedikasikan momentum bersejarah ini sebagai wadah kebersamaan dalam membangun  kerukunan, kedamaian dan semangat persaudaraan, serta berkarya memberikan yang terbaik untuk daerah dan masyarakat Halbar.

“Jadi di momen ini, kita semua melepaskan belenggu perbedaan, karena tidak ada gunanya saling curiga dan menyalahkan, karena hanya akan menghambat kemajuan Halbar,”ucapnya.

Dikesempatan itu juga, Bupati Danny, meminta kepada para segenap ASN lingkup Pemkab Halbar, agar melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai inovasi yang konstruktif, sehinga langsung dirasakan oleh masyarakat (pelayanan yang cepat, tepat, ramah, nyaman, terjangkau).

Danny juga meminta dukungan dan peran dari berbagai unsur melalui dengan semangat momentum Hari Jadi dapat lebih dioptimalkan sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Dikesempatan ini, penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendiri, pejuang, dan tokoh- tokoh terdahulu. Dan ditutup dengan mengucapkan dirgahayu Halbar ke 15 tahun 2018.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para tokoh pejuang perpindahan Kabupaten Halbar oleh Bupati.

“Bahwa usia yang ke 15 tahun ini yang telah Tuhan anugerahkan bagi Kabupaten Halmahera Barat hendaknya membawa kita ke pemahaman yang semakin dewasa, semakin bijaksana dan semakin matang  untuk memberikan yang terbaik bagi Daerah dan masyrakat yang di cintai,”tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut