Antisipasi Konflik, Forkopimda Gelar Pertemuan Bahas Keamanan Pilkada

  • Bagikan
Pertemuan Forkompimda Malut bahas pengamanan pilgub

TERNATE – Sejarah kelam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Maluku Utara, menjadi pelajaran penting bagi pelaksana, pemerintah maupun pihak keamanan, untuk menjaga agar Pilgub Malut  tahun 2018 yang akan berlangsung pada 27 Juni mendatang hingga akhir tahapannya berjalan dengan lancar dan tidak mengulagi kesalahan seperti  pilgub sebelumnya.

Hal ini membuat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Malut menggelar pertemuan untuk mengantisipasi kekacauan yang akan timbul,  pertemuan forkompimda antra lain Plt. Gubernur Malut, Muhammad Natsir Thaib, bersama dengan Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Achmat Juri, Komandan Korem 152/Babullah, Kolonel Inf I Wayan Suarjana, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Malut Brigjen (TNI) Gatot Eko Puruhito, dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut. Rizaldi yang berlangsung di kediaman Guberur di Kalumpang Ternate, Senin (26/2/2018).

“Pertemuan ini untuk membahas terkait keamanan pilgub dan mengevaluasi lagi kesiapan penyelenggara,” kata Plt gubernur Malut, M Natsir Thaib kepada wartawan usai pertemuan.

  1. Natsir menyebutkan, pertemuan tersebut juga membahas tekait dengan biaya pilgub, sebab hingga saat ini anggaran pengamanan pilgub belum dicairakn sepenuhnya.

Sementara itu, Kapolda Malut, Achmat Juri menyebutkan, untuk kesiapan pengamanan, pihak kepolisan sudah menyusun sekenario dimana menempatkan anggota polisi untuk menjaga setiap TPS.

“Pola pengamannannya dirubah dengan sistem 1,1,2 dimana satu TPS akan dijaga oleh 1 polisi dan 2 linmas, dan kita tetap harus over estimate, atau menempatkan porsenil secukupnya,” ujar jenderal bintang satu ini.

Menurutnya, untuk 10 Kabupaten kota memiliki titik kerawanannya masing masing, sehingga harus dikondisikan untuk memastikan Pilgub Malut berjalan dengan lancar.

“Harapannya pilkada ini sukses, lancar, aman, kondusif, rukun dan harmonis, kita ciptakan pilkada yang terbaik di tahun ini,” harapnya. (Ong).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut