Dinkes Malut Evaluasi Fasilitas Puskesmas Di Halbar

  • Bagikan
Kadis Kesehatan Malut, Idhar Sidi Umar bersama pengurus puskesmas di Halbar

JAILOLO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku Utara,  melakukan evaluasi untuk memastikan program Indonesia sehat di kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

“Jadi kami ke Halbar untuk memastikan program – program prioritas dari Pemerintah, apakah sudah dilaksanakan secara baik atau tidak,” ungkap Kepala Dinkes Provinsi Malut, Idhar Sidi Umar kepada KabarMalut, Selasa (27/2/2018) di Puskesmas Jailolo.

Idhar menyebutkan, program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga ini, pihaknya mendata seluruh masyarakat yang berada di wilayah Puskesmas. Sehingga semunya harus diimput untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Jadi dilakukan pendataan pada wilayah kerjanya masing masing,”ujarnya.

Dikatakannya, berbagai laporan tetap mengambil beberapa Puskesmas sebagai sampelnya.

“Jadi kita lihat apa yang menjadi masalahnya,”cetusnya.

Apalagi Puskesmas di Halbar, lanjut Idhar, sudah dua Puskesmas yang di akreditasi yakni Puskesmas Sidangoli dan Puskesmas Kota Jailolo pada tahun kemarin (2017), dan tahun ini (2018) diakreditasi empat Puskesmas. Diantaranya, Puskesmas Jailolo, Ibu, Sahu dan Akelamo. Sedangkan lainnya ditargetkan tahun mendatang.

Selain itu, menurut Idhar, fasilitas yang ada sudah cukup baik. Tetapi harus dilakukan pembinahan karena tida semuanya baik.

“Yang jelas, dengan adanya DAK fisik itu pemerintah mendorong perbaikan – perbaikan fasilitas,” tandasnya.

Menurutnya, pemerintah tetap mengupayakan, gedung dan sarana prasarana maupun tenaga dokter demi tercapainya baik gedung dan sarana prasarana.

“Pemerintah mengupayakan melalui program nusantara sehat untuk membantu bagaimana tenaga medis bisa terkecukupi,” pungkasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut