KK Penerima Rumah BSPS Desa Rawajaya Diduga Fiktif

  • Bagikan
Kades Rawajaya, Iksan Madu

TOBELO- Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang bakal di tempati oleh 50 Kepala Keluarga (KK) di kecamatan Tobelo, di duga fiktif di beberapa desa salah satunya desa Rawajaya.

Pasalnya, sampai saat ini Kepala Desa Rawajaya mengaku tidak tau identitas dua KK perwakilan desa Rawajaya yang menerima bantuan rumah tersebut.

“Sampai saat ini saya tidak tau kalau ada warga saya yang menerima rumah bantuan itu karena dari dinas terkait tidak pernah memberikan data penerima rumah tersebut ke kami padahal selaku kades harusnya saya diberitahu soal itu,” jelas Kades Rawajaya, Iksan Madu saat dikonfirmasi KabarMalut, Rabu (28/2/2018).

Walaupun begitu ia mengakui, beberapa bulan lalu pegawai dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pemkab Halut pernah menyambangi kantornya untuk meminta data Kepala Keluarga yang tidak mampu, berpenghasilan tidak tetap bahkan tidak memiliki rumah dengan alasan akan diberikan bantuan BSPS tersebut.

“Saya berikan data-datanya tapi untuk pemberitahuan lanjutan hasil observasi dari dinas tersebut tidak diberikan ke saya,” tambahnya.

Mengenai hal ini, sebelumnya Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pemkab Halut, Said Bajak menjelaskan, ada 2 KK di desa Rawajaya yang mendapat bantuan rumah tersebut dan itu diberikan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Tidak ada biaya apapun untuk keluarga yang menerima bantuan tersebut, jika itu terjadi berarti ada pungli yang dilakukan oknum tertentu dengan mencatut nama saya,” jelasnya.

Ia bahkan menegaskan akan memberikan evaluasi tegas jika terbukti ada anak buahnya yang terlibat ‘main’ di proyek Kementerian PUPR tersebut.

Menurutnya, saat ini kunci 50 unit rumah yang berlokasi di desa Gosoma tersebut sudah ia kantongi sisa menunggu arahan dinas PU Provinsi Maluku Utara untuk diserahkan ke warga penerima yang dijadwalkan pada awal Maret nanti.

” Intinya penerima 50 unit rumah itu tersebut tersebar dari beberapa desa,” tambah mantan kadis Tata Kota ini. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut