Hasil Pergeseran DAK Disampaikan ke DPRD, 2 SKPD Alami Pengurangan Anggaran

  • Bagikan
Kabid Anggaran BPKD Halbar, Muhammad Arsil Says

JAILOLO – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, pada Senin pekan depan akan menyampaikan hasil pergeseran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 ke Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dibahas bersama.

“Dari Hasil rapat internal TAPD dengan SKPD sudah selesai, sehingga Senin nanti disampaikan ke DPRD untuk ditindaklanjuti,” ungkap Sekda Halbar, Syahril Abdurrajak kepada KabarMalut, Kamis (29/2/2018).

Menurutnya,  pergeseran DAK karena  disesuaikan dengan petunjuk teknis untuk perubahan, dan dari total anggaran tersebut. Hal serupa juga disampaikan Kabid Anggaran BPKD Halbar, Muhammad Arsil Says, mengatakan, dari total Dana Alokasi Khusus (DAK) terdapat pengurangan dan pergeseran.

Apalagi itu, terjadi pengurangan di Dinas Pariwisata dan Dinas Perumahan dan Pemukiman. Karena, waktu sebelum hasil desk DAK, yang keluar rincian Alokasi transfer ke Daerah dan Dana Desa (TAKDD), berdasarkan dari Direktorat Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu. Sebab, masih hasil angka yang dapat pembulatan.

“Tranfer ke daerah dan Dana Desa itu masih pakai angka pembulatan, dan rekapan sudah ada, setelah rician,” ungkapnya.

Apalagi data pembanding, Lanjut Muhammad, tidak ada yang disampaikan oleh masing – masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dan pula hanya menyampaikanny, terjadi pergeseran itu karena perubahan Juknis DAK dari pusat.apalagi sudah tidak disampaikan. Padahal sangat cepat di anggaran sehingga bisa disesuaikan. Walaupun demikian, pergeseran ini hanya pada anggaran rincian objek belanja.

“Yang pasti di TAPD sudah selesai dan tinggal pembahasan bersama dengan DPRD agar bisa direvisi,” tukasnya.

Menyentil soal Pengurangan DAK, Acil mengatakan, hanya dua dinas yaitu Dinas Pariwisata Halbar dan Dinas Perumahan & Kawasan Pemukiman Halbar. Sedangkan dinas lain hanya dilakukan pergeseran dengan pagu anggaran tetap sama.

Selain itu, Acil menambahkan, setelah penyampaian KUA-KPPS, dan penutupan Perda sudah duluan ke tim anggaran sehingga diperlukan pergeseran anggaran.

Untuk sekedar diketahui, daftar perubahan/pergeseran anggaran sumber dana DAK tahun anggaran 2018. Dinas Kesehatan dari anggaran belum pergeseran dan setelah pergeseran masih tetap sama Rp 102.395.724.000.00, sedangkan Dinas Pendidikan Rp 16.896.000.000.00, untuk Dinas Pariwisata Sebelumnya Rp 2.505.000.000.00 setelah pergeseran menjadi Rp 2.504.678.000.00, sementara Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rp 263.000.000.00 tetapi setelah pergeseran Rp 262.669.000.00, dan Rumah Sakit Umum Daerah Rp 15.000.000.00. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut