Indahnya Danau Manggayoang di Pulau Bacan

  • Bagikan
Danau Manggayoang, Desa Wayamiga Kecamatan Bacan Timur

Riak air berkejaran di permukaan danau yang hijau menuju ke tepian, sesekali ombak kecil itu mengepak pelan di bibir danau, suara gemericik air dan angin yang memainkan dedaunan pohon yang tumbuh subur di pingiran, dipagari dengan bebukitan yang mengelilingi danau. Hanya kedamaian yang dirasa  saat menapaki kaki di Danau Manggayoung Desa Wayamiga Kecamatan Bacan Timur ini.

Danau dengan luas kurang lebih 13 Hektar itu terletak di punjak gunung yang tak jauh dari Desa Wayamiga.  Jika dikunjungi hanya mebutuhkan kurang dari  30 menit berjalan kaki dari desa, sebab letak Danau dan Desa Wayamiga hanya berjarak sekitar 700 meter,  atau tak sampai 1 kilo perjalanan dengan mengunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Keindahan danau yang eksotik ini mengundang hasrat Pemerintah Desa Wayamiga untuk dijadikan objek wisata bagi masyarakat Halmaherah Selatan khususnya dan masyarakat Maluku Utara pada umumnya. Pemerintah desa telah memanfaatkan dana desa untuk pengembangan akses jalan dan fasilitas pendukung lainnya.

“Ada rancana pemerintah desa bangun objek wisata Danau Manggayoang, akhir tahun 2017 anggaran Rp 200 juta lebih kami alokasikan untuk membangun,” ungkap Kepala Desa Wayamiga, Dahlan Matli saat membuka percakapan dengan KabarMalut  di rumahnya.  Sabtu (03/03/2018).

Lelaki yang ramah ini, bercerita tentang keindahan danau yang dinilainya memiliki potensi wisata yang menjanjikan, dia berkeyakian dengan pembangunan objek wisata danau ini akan mendatangkan kemajuan ekonomi bagi desa, sehingga dirinya berani mengembangkan potensi alam yang dimiliki menjadi kekuatan pendongkrak ekonomi desa. Hal ini dibuktikan dengan alokasi anggaran pada tahun 2018 pemdes lebih serius membangun wisata danau yang sangat indah itu.

“Ini masih tahapan pembersiahan lokasi menuju tempat wisata danau seperti jalan dan lokasi seputaran lokasi danau,” kata Kades bersemangat.

Akses jalan yang dirintis dengan menggunakan Dana Desa

Pak kades bahkan telah memiliki konsep pengembangan yang jelas, terlihat dari Pemerintah Desa Wayamiga berencana membangun homstey sebagai fasilitas penunjang bagi wisatawan, untuk melewati malam-malam indah bersama keluarga dan sahabat dan bahkan sarana olahraga yang bersifat menentang adrenalin juga akan dibangun disini

“Bangun homstey untuk para wisatawan. Mungkin bisa nginap untuk menikmati keidahan danau. Selain itu pemdes juga berencana membangun sarana olahraga yang  menentang adrenalin pengunjung,” jelasnya.

Seusai sesi wawanca, kamipun mengunjugi danau yang indah ini, disana telah ada beberapa pengunjung yang jauh datang dari ibu kota Kabupaten untuk mengunjungi tempat yang masih sangat alami ini. Marys Putri, salah satu pengunjung tak bisa menyimpan kegagumannya saat melihat keindahan danau Manggayoang.

“Danaunya sangat indah. Saya tidak percaya ada danau yang seindah ini di pulau bacan,” ucpa Marys dengan wajah yang berseri-seri.

Merys mengakui, dirinya baru pertama kali mengungujungi Danau Manggayoang setelah mengetahui keberadaan Danau Manggayoang melalui media sosial  Facebook berapa waktu lalu. Memanfaatkan waktu libur dirinya dan beberapa teman mencoba mengunjungi Danau Manggayoang

“Tidak sia-sia saya dan teman-teman jauh-jauh dari Kota Labuha ke sini. Bagus sekali danau ini, saya sangat suka keindahan alam di sekitar danau,” pungkas Marys sembari memotret keindahan danau.

Menjadi tempat rekreasi baru dan pilihan yang tepat untuk mengahabiskan akhir pekan bersama dengan orang terkasih. Tak berlebihan, jika danau dengan lokasi yang tenang ini menjadi tempat ‘pelarian’ paling pas untuk menenagkan diri dari penatnya pekerjan yang mengepung sepanjang pekan. Sesekal jalanlah kesini. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut