Bupati Halbar Didesak Copot Kades Sidangoli Gam

  • Bagikan
Masa aksi saat melakukan demonstrasi di depan kantor bupati Halbar

JAILOLO – Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Desa (AMPPD) mendesak Bupati Halmahera Barat Danny Missy, segera mencopot Kepala Desa (Kades) Sidangoli Gam, Usman Gani, karena dinilai telah merugikan masyarakat.

Aksi unjuk rasa AMPPD, dimulai  sekitar pukul 12.00 WIT, dengan menggunakan satu unit mobil dam truk, serta dilengkapi sound sistem, berkangsung di halaman kantor Bupati Halmahera Barat (Halbar), Senin (05/03/2018).

Korlap Aksi AMPPD, Ong M. Saleh, dalam orasinya, mengatakan, kebijakan kepala kepala desa sudah tidak bisa di toleril. Sebab, telah meresahkan masyarakat. Untuk itu, Bupati segera mengambil sikap untuk menyelesaiakan masalah tersebut.

“Masalah Kades sudah sangat merugikan masyarakat. Untuk itu, segera dicopot dari jabatannya,”desaknya.

Kedatangan Massa Aksi ini, di Pemkab Halbar guna menyelesaikan berbagai permasalahan terkait hasil temuan pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) desa Sidangoli Gam pada tahun 2017, serta penggelapan terhadap berbagai kebijakan desa secara keliru dan terjadi kong kalikong dalam pengelolaan Pemdes, yang telah merugikan masyarakat.

Diantaranya, pengadaan beras Raskin sebesar Rp 38 juta lebih, anggaran honor penjaga benteng Rp 24 juta, pembangunan Mesjid Rp 40 juta lebih, penyertaan modal BUMDes Rp 100 juta, pembangunan saluran air sebesar Rp 90 juta, renovasi pembangunan gedung kesenian Rp 143 juta lebih, pengadaan katinting 20 unit sebesar Rp 220 juta, pengadaan jaringan air di kantor desa sebesar Rp 45 juta lebih, pembangunan irigasi Rp 152 juta lebih, stimulan sarana prasarana keagamaan Rp 26 lebih, Anggaran Posyandu Rp 19 juta lebih. Dengan begitu, secara keseluruhannya dan dapat diakumulasikan kerugiaan masyarakat sebesar Rp 900 juta lebih.

Aksi yang dilakukan ini dengan tuntan diantaranya, Bupati segera melakukan pemcopot Kades Sidangoli Gam, mengadili pimpinan BPMD dan Inspektorat yang telah dengan sengaja berkonco dengan Pemdes Sidangoli Gam terhadap hasil Audit, Pihak kepolisian segera melakukan penyelidikan terhadap Kades, Pemkab segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Camat Jailolo Selatan Demianus Sidete, yang telah dengan sengaja tidak mengindahkan Perintah Konsitusi.

Setelah berselang 30 menit, massa aksi kemudian di terima Pemkab, untuk melakukan hering di Ruang rapat Sekda.

Sementara itu, Sekda syahril Abdurrajak, mengatakan, setiap melaporan seperti ini, harus dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat daerah atas masalah tersebut.

Hal serupa juga disampaikan, Kepala Inspektorat daerah Julius Marau, mengatakan,  menyikapi atas aporan pertanggungjawab, yang nantinya disampai ke Bupati melalui BPMD. Apalagi dengan persoalan seperti ini. Menurut Julius, tidak main – main. Untuk itu, pihaknya akan menuntaskan persoalan ini.

“Ketika dimintakan informasih maka tolong datang, supaya kita tuntaskan masalah ini,” ketusnya.

Selain itu, Julius berjanji di hadapan massa aksi pada Selasa besok akan turun ke lokasi untuk memastikan masalah tersebut. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut