BPM-PD Halbar Evaluasi APBDes

  • Bagikan
Kabid Pemdes DPMPD Halbar, Nurhayati Halek

JAILOLO – Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018 se-Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), dievaluasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM-PD) Halbar.

“Jadi evaluasi APBDes ini sudah dilakukan mulai dari Selasa lalu, dimulai dari tiga kecamatan yakni Sahu Timur, Jailolo Selatan dan hari ini Jailolo,” kata Kabid Pemdes DPMPD Halbar, Nurhayati Halek, Rabu (7/3/2018).

Menurutnya, untuk Kecamatan Sahu Timur baru dievaluasi 4 desa, Jailolo Selatan baru dilakukan 17 dan Jailolo baru dilakukan 9 desa. Sehingga hasil evaluasi ini dilakukan sesuai peraturan Bupati.

“Evaluasi ini kita tak melihat sisi salahnya. Karena evaluasi ini sebagai bahan untuk penyempurnaan sejumlah desa,” tuturnya.

Disentil ada kesalahan evaluasi yang ditemukan DPMPD, terhadap APBDes, Nurhayati mengaku, ada ditemukan sejumlah dokumen yang belum bisa dipenuhi sejumlah desa.

“Dari beberapa desa itu sebagian besar itu sudah memenuhi. Namun sebagainya lainya memang ada juga belum memenuhi, tetapi saya belum bisa mengatakan belum membuat prosedur tersebut,” tandasnya.

Lanjut Nurhayati, untuk Desa Tuada sama sekali belum memasukan APBDes untuk dievaluasi. Bahkan sudah dilakukan pemberitahuan melalui Camat Jailolo ke Kades Tuada.

“Jika belum masuk dokumen ini, nanti dilihat untuk Desa Tuada, apakah kami akan melakukan klarifikasi lagi menanyakan apakah proses dokumen Tuada itu belum jalan atau bagimana, yang jelas akan diberi teguran,” cetusnya.

Nurhayati menambahkan, diharapkan para Kades yang belum memasuki dokumen APBDes 2018, agar segara mungkin memasukannya, karena ini untuk pencepatan penyerapan dana tahap satu, tahap dua dan tahap tiga dengan batas waktu juga.

“Batas waktu evaluasi bagi kami diinginkan secepat mungkin, kerja semua sudah tertera di Permendagri untuk pengajuan dokumen APBDes,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut