Bupati Halbar Klaim Pinjaman Rp 150 Miliar Sesuai Prosedur

  • Bagikan
Bupati Halmahera Barat, Danny Misi

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, menglaim pinjaman senilai Rp 150 miliar sudah sesuai prosedur. Pasalanya, seluruh mekanisme sudah dilalui mulai dari proses ke Depdagri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), hingga pengesahan DPRD Halbar.

“Semua tahapan kan sudah jelas, jadi kenapa harus dipersoalkan lagi,” cibir Bupati Danny Missy kepada KabarMalut, Rabu (7/3/2018).

Danny menjelaskan, dari  pengajuan pinjaman itemnya sudah sangat jelas, dengan pembangunan jalan Going-Kedi, jalan Susupu – Goro goro, dan Tabobol-Barito. Sehingga dengan begitu,  apalagi yang harus dipolimikan lagi.

“Kalau kemarin tidak ada persetujuan maka secara tidak langsung pinjaman tersebut tidak dikeluarkan rekomendasi dari Depdagri maupun Kemenkeu tetapi kenyataannya setuju, sehingga rekomendasi dikeluarkan untuk pinjaman,” tandasnya.

Menurutnya, sebelumnya pinjaman bisa dilakukan pada dua tempat, diantaranya PT SMI dari Kemenkeu dan Bank BPD. Tetapi pertimbangannya, jika di PT SMI, maka daerah tidak mendapatkan bunga atau pajak dari lembaga tersebut. Sedangkan di Bank BPD pastinya daerah juga mendapatkan bagian dari hasil bunga maupun pajak.

“Dengan begitu, rekomendasi diberikan melalui Bank BPD. Jadi pinjamannya melalui Bank BPD karena hasilnya bisa diperoleh daerah,” cetusnya.

Danny menegaskan lagi, tidak ada yang tabrak aturan karena semua sudah sangat jelas, dan bisa cek langsung ke BU.

“Apalagi pinjaman ini murni jadi tidak bisa di revew,” tegasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut