Tim AGK-YA Buat KPU Kepsul Geram

  • Bagikan
Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba

SANANA – Kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) nomor urut 3 Abdul Ghani Kasuba- Al Yasin Ali (AGK-YA) di Kepulauan Sula (Kepsul), menyisahkan sejumlah problem yang diduga dilakukan tim pemenang. Pelanggaran tim kampanye membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) merasa geram.

Ketua KPU Kepsul, Bustamin Sanaba mengaku geram dengan tim pemenang AGK-YA tidak ikut prosedur dalam bekampanye, seperti yang dilakukan Cawagub Al Yasin Ali yang tiba di Kepsul Kamis 8 Maret, langsung menggelar kampanye di beberpa kecamatan seperti di Desa Wai Ipa Kecamatan Sanana dan Desa Soamole Kecamatan Sulabesi Tengah. Tim pemenang tidak menyampaikan jadwal kampanye kepada KPU dan Panwaslu sebagaimana dalam ketentuan.

“Tim pemenang tidak memasukan surat pemberitahuan ke KPU dan Panwaskab Kepsul sesuai ketentuan yang ditetapkan yaitu 3 hari sebelum kegiatan kampanye.  Padahal  saya selalu membangun koordinasi dengan tim AGK-YA di Kabupaten Kepulauan Sula untuk meminta segera memasukan jadwal kampanye,” kata Bustamin kepada KabarMalut, Minggu (11/3/2018).

Menurut Bustamin, seharusnya tim pemenang memasukkan surat 3 hari sebelum kampanye dilakukan, terutama titik-titik mana saja yang akan dikunjungi pasangan calon. Karena ketentuannya 3 hari sebelum kampanye harus memasukan jadwal.

“Namun itu tidak dilakukan, jadi pasangan AGK-YA seakan-akan belum siap gelar kampanye di Kepsul,” terangnya.

KPU menilai tim AGK-YA di Kepsul yang menggelar kampanye di dua titik bersama Cawagub Al Yasin Ali itu tidak ikut prosedur.

“Itu dua kali kampanye itu saya tidak tahu, minimal tim kabupaten harus sampaikan pemberitahuan ke kami, dan mereka bisa disebut melanggar prosedur. Secara kelembagaan kita tersinggung juga, karena tidak dihargai,” tutup Bustamin Sanaba.

KPU berharap, hal seperti ini tidak harus dilakukan oleh tim-tim pemenang Cagub dan Cawagub yang ada di Kepsul. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut