Gelar Rapat di Kediaman Cawagub, Ini Alasan Bawaslu Malut

  • Bagikan
Kepala sekertariat bawaslu malut Irwan M Saleh saat diwawancara.

WEDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) menangapi kritikan tim pasangan calon Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi), terkait pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi yang dilakukan Panwaslu Halmahera Tengah pada Sabtu pekan kemarin, yang berlangsung di hotel Tiara yang sekaligus merupakan kediaman Al Yasin Ali calon wakil Gubernur Malut nomor urut 3.

“Panwaslu Halteng mereka sudah berkoordinasi dengan kami (bawaslu malut) pada saat kegiatan yang dilakukan, saya yang menghadiri terkait kegiatan tersebut selaku kepala sekertariat bawaslu malut sebagai pemateri,” ungkap Kepala Sekertariat Bawaslu Malut, Irwan M Saleh kepada KabarMalut saat dikonfirmasi. Senin (12/03/2018).

BACA JUGA: Panwaslu dan Bawaslu Rakor di Kediaman Cawagub

Irwan menyebutkan, kegiatan yang dilakukan Panwaslu Halteng  tidak ada masalah, sebab tempatnya itu dikomersilkan untuk umum, sehingga siapapun dapat mengunakan tempat tersebut.

“Karena tempat itu disewakan bukan gratis, apa pihak Bawaslu dan Panwaslu memakai secara gratis, kami jugakan bayar,” ungkapnya.

Menurutnya, bilamana kegiataan tersebut difasilitasi oleh salah satu calon kandidat dikediamannya sendiri itu tidak dibenarkan,itu dikategorikan pelanggaran kode etik,tempat itu persentatip melakukan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Dia melanjutkan, masih banyak hotel dan tempat pertemuaan yang nota bene milik ketua-ketua partai yang sering dilakukan kegiatan oleh KPU dan Bawaslu.

“Hotel tiara itukan kita tau memang hotel , kita juga tidak mengetahui apa hotel tersebut punya izin atau tidak,” tandasnya.

Ketika ditanya terkait adanya pelangaran kode etik, dia mempersilahkan kepada tim Bur-Jadi untuk mempermasalahkan hal tersebu.

“Silahkan melaporkan ke DKPP dengan jenis aduan. Nanti kita lihat dimana titik kesalahan kami yang dikategorikan melanggar kode etik, kami juga menunggu laporan 1x 24 jam dari pihak tim, terkait apa yang dilakukan Panwaslu Halteng dan Bawaslu Malut,” tantangnya.(Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut