Derita Petani Tambak Ikan Bandeng di Sakam Halteng

  • Bagikan
Tambak Ikan Bandeng di Desa Sakam Halmahera Tengah

WEDA – Setelah 10  tahun tidak mendapat perhatian, Petani tambak ikan bandeng asal Desa Sakam, Kecamatan Patani Timur, Arif Ahmad meminta perhatian dari pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara – Abd Rahim Odeyani (Elang-Rahim).

“Kegiatan tambak Ikan Bandeng di Desa Sakam, Kecamatan Patani Timur ini sudah saya garap sejak 2007 silam dengan cara manual menggunakan alat cangkul dan alat tradisional seadanya. Dari upaya kerja keras saya, membuat Ikan Bandeng saya di Tambak tersebut sempat di panen dan dijual serta untuk konsumsi keluarga, namun ini tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah daerah selama ini,” kata Arif Ahmad kepada KabarMalut, Rabu (14/3/2018).

Arif mengatakan, hasil kegiatan penggalian rawa di belakang rumah miliknya menghasilkan empat petak dengan lebar tambak 3 meter serta panjang masing-masing 35 meter per petak.

“Usaha tambak ikan bandeng ini semua serba menggunakan alat tradisional, mulai dari pintu tambak, alat penggalian. Begitu juga pakan ikan juga hasil buatan sendiri yang bahanya saya menggunakan beras,” katanya.

Ia menambahkan, karena upaya kerja keras yang dilakukan tidak pernah diperhatikan pemerintah daerah, maka saat ini ia memilih berhenti sementara sambil menunggu perhatian dari Pemerintah Daerah.

“Pernah kami mengajukan proposal bantuan untuk pengembangan tambak saya ini pada saat pemerintahan Bupati sebelumnya, tapi sekitar dua kali proposal yang dimasukkan terhitung 2010 dan 2012 tidak ada respon. Lebih parahnya setiap kami kembali tanyakan ke Pemda tentang tindak lanjut proposal yang diajukan selalu beralasan proposal tidak ada,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya Pemerintahan baru yang saat ini di pimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati Halteng yang baru dapat memperhatikan usaha tampak Ikan Bandeng di wilayah itu.

“Saya yakin Pemerintahan yang baru di Halteng saat ini punya komitmen untuk memberdayakan masyarakat, serta ingin menciptakan kemandirian ekonomi rakyat yang cukup tinggi sesuai visi – misi yang sudah disampaikan sepanjang kampanye dalam Pilkada lalu,” harapnya.(Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut