Plt Bupati Haltim Resmi Buka Event Qimalaha Cup I

  • Bagikan
Plt Bupati Haltim, Muhdin Mabud Minggu bersama Direktur Utama PT. Adhita Nikel Indonesia (ANI)  Burhanudin Leman Jailani, membuka Acara Iven Qimalaha Cup I secara Resmi

MABA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir Muhdin Mabud, bersama Direktur Utama PT Adhita Nikel Indonesia (ANI), Burhanudin Leman Jailani, membuka Event Olah Raga Qimalaha Cup I secara Resmi yang ditandai dengan pemotongan pita pada Balon di Lapangan Jiko Mobon Kota Maba Haltim, Minggu (18/3/2018).

Muhdin dalam sambutannya menyampaikan, olah raga tentunya merupakan salah satu kegiatan yang digemari seduni baik itu kaum muda maupun tua. Oleh karena itu, dirinya berharap agar kegiatan seperti itu terus ditingkatkan baik itu para kaum muda juga dengan Pemerintah Kabupaten yakni Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Pariwisata.

“Menurut saya olah raga dan pariwisata adalah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan,  maka harus kita saling mendukung,” kata Muhdin.

Foto bersama Plt Bupati Haltim, Muhdin Mabud dan Direktur Utama PT. Adhita Nikel Indonesia (ANI) Burhanudin Leman Jailani bersama panitia Acara Iven Qimalaha Cup I

Tidak hanya itu, Muhdin pada saat menyampaikan sambutannya bahkan berkeinginan agar  selain  kegiatan Qimalaha Cup I, ia juga berkeinginan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Maba  yang mana tepat pada tanggal 25 Februari.

“Biasanya yang kita rayakan adalah hari ulang tahun Kabupaten, nah pengalihan nama Ibu Kota dari Desa Maba ke Kota Maba juta tertuang dalam Undang Undang Kedudukan Ibu Kota Kabupaten, berarti tidak ada salahnya kalau kita juga rayakan hari ulang tahun Kota Maba,” ujarnya.

Foto bersama Plt Bupati Haltim, Muhdin Mabud Minggu dan Direktur Utama PT. Adhita Nikel Indonesia (ANI) Burhanudin Leman Jailani, serta Forkompimda pada acara pembukaan Qimalaha Cup I

Sementara itu, Direktur Utama PT Adhita Nikel Indonesia (ANI),  Burhanudin Leman Jailani,  yang juga merupakan Sponsor Utama pada event tersebut, mengatakan  alasannya sebagai sponsor utama pada kegiatan Qimalaha Cup itu bahwa dirinya sendiri terpanggil sebagai putra daerah yang lahir dan besar di bumi Qimalaha untuk bersama dengan panitia pelaksana menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya, bicara soal Qimalaha  tentunya berbicara soal adat secara turun temurun.

“Qimalaha artinya Orang yang ditutamakan dalam melakukan ritual kesultanan bahkan Qimalaha  dalam Struktur Kesultanan memiliki peran sebagai Sultan Muda  yang kita kenal dengan nama Kapita Lao Djaelani Maba,” jelasnya.

Kegiatan dengan total bonus Rp 100 juta terdiri dari juara satu Rp 50 juta, juara dua Rp 25 juta, juara tiga Rp 15 juta serta juara empat Rp 10 juta, juga dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Haltim Ailen Goeslaw, Asosiasi Kabupaten PSSI Haltim Indrus Maneke dan kepala Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Haltim serta warga masyarakat Kota Maba.   (Adv/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut