Segitiga Emas Tidak Ada Perkembangan, Pemkot Usul Musrenbang Khusus

  • Bagikan
Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Said Asagaf

TERNATE – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Said Assagaf mengaku program Segitiga Emas antara Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) masih jalan di tempat.

Menurutnya, belum optimalnya komitmen Segitiga Emas masih berjalan di tempat, karena program Segitiga Emas membutuhkan rekonsiliasi sinergitas antara tiga wilayah. Sementara Pemerintah Kota Ternate sudah berkomitmen dengan Tikep dan Halbar, dengan harapan masing-masing daerah setelah melaksanakan Musrenbang wilayah, kembali melakukan Musrenbang internal khusus untuk membahas Program Segitiga Emas.

“Jadi sementara ini kita legi melakukan negosiasi bahwa Musrenbang Segitiga Emas ini dipusatkan dimana, kami berharap Musrenbang Segitiga Emas bisa dipusatkan di Halbar atau di Tikep. Sehingga makna program Segitiga Emas itu bukan saja diatas kertas, tapi juga pada tataran implementasi riilnya melalui penyatuan program di dalam Musrenbang, ” kata Said kepada wartawan, Selasa (20/3/2018).

Usulan Pemerintah Kota Ternate agar ada Musrenbang di internal program Segitiga Emas, diharapkan dilakukan sebelum pengesahan ABPD. Sehingga racangan masing-masing daerah dalam Segitiga Emas bisa disingkronkan dalam APBD mendatang.

“Saya usulkan supaya ada Musrenbang Segitiga Emas karena kalau kita sudah selesai Musrenbang dan sudah menjelang APBD disahkan baru kita bertemu maka tidak efektif. Sebaiknya dari perencanaan awal, karena perencanaan awal sudah masuk, sehingga diharapakan program Segitiga Emas ini bisa berjalan, apalagi Kota Ternate punya tanggungjawab moril karena Kota Ternate di tahun 2018 ditetapkan sebagai tuan rumah sekretariat bersama,” harapnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut