Siapkan Program 2019, Pemkot Gelar Musrenbang RKPD

  • Bagikan
Plt Walikota Ternate, Abdullah Taher, saat membuka Musrenbang RKPD

TERNATE – Dalam rangka menyiapkan program kerja prioritas di tahun 2019, Pemerintah Kota Ternate resmi melaksanakan Forum Gabungan Perangkat Daerah dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018.

Plt Walikota Ternate, Abdullah Taher dalam sambutanya menyampaikan, Forum Gabungan Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate tahun 2018, merupakan tindak lanjut tahapan prosedur dan mekanisme dari rangkaian pembangunan daerah satu tahun ke depan.

“Tahapan perencanaan ini pada hakekatnya, merupakan iplementasi dari UU nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengamanatkan Pemerintah Daerah wajib melaksanakan perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sebagai landasan penyusunan RAPBD setiap tahun,” kata Abdullah pada pembukaan Musrenbang RKPD, Selasa (20/3/2018).

Menindaklanjuti hal tersebut sambung dia, maka tujuan Forum Gabungan Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, adalah membahas dan menyampaikan program prioritas pembangunan, hasil Musrenbang kelurahan dan Kecamatan dengan rancangan RKPD, serta penetapan pagu anggaran pemerintah daerah yang termuat dalam prioritas pemerintah daerah ke dalam RKPD tahun 2019.

“Pelaksanaan Forum Gabungan PD dan Musrenbang RKPD, merupakan  karengka acuan dalam penyusunan program kerja prioritas pemerintah daerah tahun 2019, sekaligus tahun ketiga dari implementasi RPJMD Kota Ternate tahun 2016-202, yang pada esensinya, merupakan penjabaran fisi dan misi dari Bahari Berkesan II,” terangnya.

Plt Walikota berharap kepada seluruh perangkat daerah, agar dalam menyusun program dan kegiatan, dapat perpedoman dalam kaidah-kaidah perencanaan, sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD dan RKPD, dengan melihat program sasaran dan tujuan kinerja yang lebih terukur.

“Saya ingatkan kepada SKPD agar dapat melaraskan dan memboboti setiap usulan dari bawa yakni kelurahan, yang subtansinya merupakan kebutuhan dari setiap kelurahan sebagai wujud dari aspirasi masyarakat,” pintanya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut