Bupati Resmikan Sasadu Desa Gamsida

  • Bagikan
Kiri ke kanan: Wabup Zakir Mando, Bupati Danny Missy dan Sultan Jailolo, Ahmad Abdullah Syah, pada acara peresmian Sasadu Desa Gamsida

JAILOLO – Keinginan warga Desa Gamsida, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) untuk memiliki Rumah Adat (Sasadu) telah terwujud. Bupati Halbar Danny Missy telah meresmikan Rumah Adat Desa Gamsida dengan menandatangani prasasti, Rabu (21/3/2018).

Bupati Danny berharap, rumah adat (Sasadu) adalah simbol kebudayaan masyarakat Halbar. Sasadu kata Danny sudah mendunia seiring dengan pentas tarian kontemporer Bala-bala, Cry Jailolo dan Sasadu On The Sea, yang dibawakan anak-anak Halbar di berbagai event di negara-negara di Benua Eropa, Asia dan Australia.

“Oleh karena itu, Sasadu jangan dimoderenisasi, tetapi dipertahankan keasliannya,” pinta Danny.

Sasadu Desa Gamsida merupakan wujud dari program Dana Desa (DD) tahun 2017. Selain Sasadu, melalui DD, warga desa Gamsida juga berhasil membangun Balai Desa yang representatif.

Acara peresmian Sasadu yang juga dihadiri Sultan Jailolo, Ahmad Abdullah Syah, Ketua Adat Suku Wayoli Sonny Balatjai dan Wabup Zakir Mando itu juga dirangkai dengan penyerahan akta nikah kepada 102 pasangan di Kecamatan Ibu Selatan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut