Koleksi Hutang Rp 100,5 M, Plt Bupati Haltim Warning Tim Anggaran

  • Bagikan
Plt Bupati Haltim, Muh Din Ma'bud

MABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), yang saat ini masih berhutang ke pihak ketiga sebesar Rp 100,5 miliar pada tahun 2017, mendapat sorotan dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Haltim, Muh Din memberikan warning kepada tim anggaran maupun satger di lingkup Pemkab Haltim.

“Ternyata kita ini gaya besar tetapi berhutang, karena di akhir 2017 Pemkab berhuitang sebesar Rp 100,5 miliar, ini hutang pembangunan, dan dipastikan pada akhir 2018, akan mencapai 200 miliar,” katanya saat memeberikan sambutan  pembukaan Musrenbang, di aula kantor Bupati Haltim, Rabu (21/3/2018).

Menurutnya, dengan adanya hutang ini, dipastikan pada tahun 2019, camat dan kepala desa harus ‘ikat pinggang’, karena saat ini juga kas mengalami kekosongan dan tidak ada silpa, namun di dalam penyusuana anggaran terdapat silpa, tetapi kenyataanya tidak ada.

“Pendapatan di 2017 hanya Rp 800 miliar lebih, habis naik Rp 900 miliar, sekarang sudah Rp 1.1 terliun, sehingga dipastikan hutang kita akan mencapai Rp 200 miliar. Jadi para satger dan tim anggaran, saat ini kas kosong dan tidak ada silpa,” ungkapnya.

Sehingga itu, dirinya memastikan tidak akan meninggalkan hutang-piutang yang ada, sehingga itu kedepannya  meski hanya sedikit namun akan diselesaikan. Sehingga itu perencanaan tahun 2019 akan diatur sebaik mungkin, sehingga dapat mencicil hutang-hutang tersebut.

“Hutang ini adalah hutang pembangunan, sebab para kontraktor sebagianya baru terbayar 30 persen, jadi mulai 2019 mulai dicicil pembayaran hutang,” ujarnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut