Plt Gubernur Malut Buka Musrenbang-RKPD Haltim

  • Bagikan
Plt Gubernur Malut saat membuka Musrenbang-RKPD Haltim

MABA – Guna menyiapkan program kerja di tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), Badan Perencanaan Pengembangan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP4D) Haltim, menggelaar Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencanan Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) tahun 2019, yang dibuka langsung oleh Pelaksan Tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara, M Nasir Thaib, dengan ditandai pemukulan gong, bertempat diruang aula kantor Bupati, Rabu (2/3/2019).

Plt Gubenur dalam sambutannya menyampaikan  dalam musrembang tersebut pemkab Haltim harus mendorong program pembangunan infrastruktur baik bangunan maupun jalan, di mana jalan penghubung yang akan menentukan pertukaran dan perputaran ekonomi baik antar kabupaten maupun antar provinsi.

Menurut M Nasir, Kabupaten Halmahera Timur merupakan salah satu titik perputaran ekonomi yang bakal menghubungkan perekonomian antar proovinsi yakni melalui jalur laut hingga ke Kabupaten Raja Ampat dan Sorong Provinsi Papua Barat.

“Transaksi perekonomian antara Haltim dengan Makassar itu sudah lancar melalui Sofifi tetapi antar Haltim dengan Papua itu belum padahal selain kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Haalmahera Timur juga merupakan salah satu titik di mana bisa menghubungkan transaksi ekonomi ke Papua melalui pelabuhan sif di Halting sana  makannya itu harus dikembangkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain pembangunan infrastruktur, Nasir juga Beraharap Pemkab Haltim bisa terus mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang ada di Haltim guna dapat  manjawab kebutuhan tenaga skill dan potensi SDM yang dibutuhkan baik di birokrasi maupun di dunia pertambangan.

“Kita di Maluku Utara dikenal dengan  daerah pertanian juga dikenal  dengan daerah peratambangan  makanya untuk menyambut itu dan mengisi kebutuhan di mana saat ini PT Antam juga dalam pembangunan pabrik sudah mencapai 30 persen  makanya penting untuk kita tingkatkan SDM di Haltim,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Haltim Ir. Muhdin dalam sambutannya mengaku semua  yang disampaikan oleh Plt Gubernur bisa dicapai dan berjalan mulus apabila Pemkab Haltim selalu bersinergi dengan Pemprov dalam hal pembanguna jalan demi mencapai peningkatan ekonomi di Haltim, baik transaksi antar kabupaten bahkan antar Provinsi.

“Pastinya untuk jalan menuju  perbatasan Haltim – Halteng tetap kami akan prioritaskan akan tetapi untuk kelancaran pembangunan tersebut  kami juga sangat membutuhkan bantuan dari Pemerintah provinsi,” katanya

Tak hanya itu, Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP4D) Haltim Ricky Chaerul Richfat, juga menyampaikan, pihaknya sangat berterimah kasih kepada Plt Gubernur yang telah menyempatkan diri hadir dalam pelaksanaan Musrenbang tersebut, bahkan meminta dengan adanya pelaksanaan musrenbang tersebut dapat membangun hubungan pembangunan di Maluku Utara yang mengarah ke Kabupaten Halmahera Timur.

Ia juga berterima kasih kepada Seluruh Peserta Musrenbang yang telah hadir mengikuti kegiatan itu, baik pimpinan SKPD maupun dari unsur Kecamatan se-Kabupaten Hhaltim.

Hadir  pada kegiatan tersebut Selain Plt Gubernur dan Plt Bupati Haltim, Hadir Juga Kepala BP4D Haltim, Ricky Chaerul Rifhat Sekda Haltim , Ir. Moh. Abdu Nasar   serta seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkup Pemkab Haltim.(Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut