32 Paket Proyek Sudah Dilelang, Perusahaan Luar Halbar Mendominasi

  • Bagikan
LPSE Halbar

JAILOLO – Dari 32 paket proyek yang sudah dilakukan lelang oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), rata – rata dimenangkan perusahaan dari luar daerah. Hal ini bisa dilihat pada website LPSE, dimana banyak peruhaan yang beralamat di Kota Ternate.

Sementara perusahaan beralamat Halbar hanya dua yakni, CV. Tiga Putri dan CV. Halmahera Ekspres. Selain itu, berdasarkan dari hasil amatan KabarMalut, Rabu (28/3/2018), hasil lelang paket proyek dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melekat di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Halbar, telah diumumkan melalui LPSE tersebut.

Dengan menggunakan sistem SPSE 3.6 atau sistem lama. Bahkan dalam proses pelelangan dalam website LPSE, mulai dari tahapan pembukaan dokumen penawaran sampai pada tahap pengemuman pemenang lelang, ternyata tidak terlihat nama perusahaan maupun harga penawaran. sehingga terkesan tidak transparan.

Padahal, sesuai Perpres nomor 4 tahun 2015 tentang pengadaan barang dan jasa (BPJ), sudah jelas dengan memberikan ruang yang begitu luas kepada pelaksanaka BPJ untuk melaksanakan proses pelelangan. Juga diperkuat dengan instruksi Presiden nomor 5 tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan e-tendering.

Sementara Itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Halbar, Robert Faldi mengaku, dari sekian paket, khususnya bidang Cipta Karya baru dua paket yang sudah dilakukan lelang dan lainnya belum. Walaupun demikian, pihaknya sudah memberikan kewenangan ke ULP. Sebab, aturan tidak mengikat batasan waktu tetapi kesiapannya tidak harus lama, karena takutnya jangan sampai berpengaruh pada pekerjaan proyek.

“Yang penting tidak berpengaruh, tetapi kalau lama akan berdampak terhadap pekerjaan, apalagi ini bersumber dari DAK sehingga sebelum akhir tahun proyek sudah selesai,” ungkapnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut