Berkoar Beri Bantuan, BPBD Halbar Sekedar Janji Manis

  • Bagikan
Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori

JAILOLO – Kerusakan tiga rumah warga desa Bobo dan Akediri, Kecamatan Jailolo, akibat   diterjang angin puting beliung, yang terjadi pada Jumat (9/2/2018) lalu, hingga kini hanya dijanjikan akan diberikan bantuan kepada  masing – masing korban sebesar Rp 20  juta pada pekan kemarin. Namun, hingga kini bantuan belum juga tersalur. Dengan begitu, hanya sekedar janji manis oleh Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Kepala Desa Bobo Ruslan A. Rauf  kepada KabarMalut, Senin (2/4/2018), mengatakan, sampai saat ini bantuan tidak kungjung diberikan. Padahal, Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori sudah menyampaikan melalui media berjanji akan diberikan bantuan pada pekan kemarin tetapi nyatanya tidak ada. Padahal, pihaknya sudah melakukan pendataan atau menghitung kerusakan rumah, termasuk menyiapkan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) dari korban bencana, dan telah dimasukan ke dinas BPBD Halbar.

“Sampai saat ini belum juga ada, sudah dilakukan pendataan dengan menghitung kerusakan rumah yang sudah dibuat dan dimasukan, sesuai anjuran tim BPBD yang sudah ada turun pantau, tetapi sayangnya belum juga diberikan,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya sudah dilakukan tetapi tidak kunjung ada dan tidak sampai disitu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan badan tersebut, lagi – lagi dengan alasan menunggu pencairan dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Halmahera Barat.

Walaupun demikian, Ruslan menilai statemen Kepala BPBD hanyalah kebohongan karena berdali anggaran belum dicairkan dari keuangan.

Terpisah Kepala BPBD Halbar Imran Lolori, mengatakan saat inimasih dalam proses pencairan.

“Masih tahap  proses untuk bantuan terhadap korban rumah rusak,” singkatnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut