Keterbatasan Fasilitas, Pelaksanaan UNBK 2018 di Haltim Hanya Satu Sekolah

  • Bagikan
Suasana USBN di SMA 1 Halteng

MABA – Keterbatasan fasilitas pendidikan di Kabupaten Halmahera Tiumur (Haltim), berimbas pada Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) tingkat SMK se-Indonesia yang dimulai pada hari ini, Senin (2/4/2018).  Terpaksa, untuk Haltim sendiri dari 7 SMK hanya 1 sekolah yang beru melakukan pelaksanaan UNBK tahun ini.

“Tahun lalu tidak ada, tetapi tahun ini hanya ada 1 sekolah SMK yang sudah bisa melakukan UNBK, yakni SMK N 1 Haltim, sementara yang lain hanya ujian berbasis kertas atau manual,” Kata Kepala Cabang kantor Pendidikan dan Kebudyaan (Dikbud) di Haltim, H.Ismail Banda, yang ditemui saat melakukan pemantauan UNBK di SMK N 1 Haltim.

Sementara itu, lanjutnya, untuk ditingkat SMA sudah ada 5 sekolah, yakni SMA Negeri 1 Haltim, SMA Negeri 2 Haltim dan SMA Negeri 5 Haltim serta dua SMA Muhammadiyah. Akan tetapi pelaksanaan UNBK untuk SMA dijadwalkan pada tanggal 9 April mendatang.

“Karena UNBK ini SMK lebih dulu, jadi dalam pekan ini dilaksnakan UNBK tingkat SMK salam 4 hari, terhitung mulai hari ini, sementara SMA nanti di tanggal 9,” jelasnya.

Selain itu, dengan keterbatasan fasilitas di dunia pendidikan, baik SMA mapun SMK, pihaknya sangat mengharapkan ada perhatian dari pemda, sebab baginya sangat kewalahan jika diharapkan bantuan dari pemerintah Pusat itu sendiri.

“Karena kami targetkan di tahun 2019 nanti, untuk di Haltim sendiri, 10 sekolah baik itu SMK dan SMA yang nantinya sudah bisah mengikuti UNBK,” ungkapnya.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan oleh SMK N 1 Haltim, sebanyak 68 siswa, sedangkan secara keseluruh, sebanyak 839 siswa-siswi yang mengikuti UNBK 2018, baik untuk SMK maupun SMA. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut