Keramba Matui Panen Perdana

  • Bagikan
Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, Bupati Halbar Dany Missy dan Pengawas Perikan KKP Malut saat panen perdana di keramba Desa Matui

JAILOLO – Keramba yang berada di Desa Matui hasil kerjasama Kodim 1501/Ternate dengan Pemerintah Daerah Halmahera Barat (Halbar), kini mulai menunjukan hasilnya. Melalui panen perdana yang dilaksanakan di atas keramba apung Desa Matui Kecamatan Jailolo.

Kepala Dinas Perikanan Halbar, Fredrick Budiman menyampaikan bahwa keramba ini merupakan Pilot Project atas program keramba di Halbar, keberhasilan projek ini tidak lepas dari peran besar dari Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti dan jajaran yang senantiasa dengan sepenuh hati menjaga dan merawat keramba selama 9 bulan lamanya.

“Sejak penebaran benih pertama yang dilakukan bulan Agustus 2017 silam dan kini hasilnya dapat kita nikmati bersama,” kata Fredrick dalam rilis yang diterima redaksi KabarMalut, Jumat (6/4/2018).

Pada pelaksanaan panen perdana ikan jenis Kerapu berbagai varian dan Napoleon, ikan tersebut kemudian langsung diserap oleh pengepul yang datang langsung dengan kapal penampung yang didesain khusus memiliki tangki khusus guna menampung ikan agar dapat dikirim dalam kondisi hidup.

Usai kegiatan Panen, Bupati Halbar Dany Missy menyampaikan bahwa dengan program Pilot Project keramba dan saat  ini berhasil dilakukan panen perdana. Hal ini secara otomatis menepis isu negarif yang selama ini berhembus tentang sikap sekeptis beberapa orang yang mengatakan keramba ini tidak akan berhasil.

“Kita buktikan pada hari ini dapat kita lihat ikan kerapu berbagai jenis dan napoleon yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, bahkan kita sudah dapat mendatangkan pembeli yang langsung sandar kapal disamping keramba ini untuk kemudian ikan-ikan tersebut di eksport ke luar negeri,” kata Dany.

Dany mengaku keramba tersebut akan diserahkan kepada masyarakat setelah memberikan contoh. Harapnya, semoga kedepan masyarakat Desa Matui dapat mengelola keramba tersebut dengan sangat baik dengan bantuan pendapingan dari Kodim.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate, Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti mengaku bersyukur selama 9 bulan ini pihaknya dapat melewati berbagai tahap asam garamnya mengelola keramba. Namun berkat dukungan dari masyakat dan pemerintah daerah, sehingga hari ini berhasil melakukan panen perdana di keramba itu.

“Nantinya akan kita serahkan pengelolaannya kepada masyarakat. Kedepan saya dengan Bapak Bupati sudah berkomitmen untuk mengembangkan keramba dengan budidaya varian lain seperti udang maupun suntung, sehingga Halbar ini dengan potensi yang luar biasa dapat menjadi lumbung ikan dan eksportir ikan berkualitas ke pasar internasional,” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Halbar Dany Missy, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan, Pengawas Perikan KKP Malut, Pimpinan SKPD Halbar, Para Perwira Staf Kodim 1501/Ternate, Kades dan masyarakat Desa Matui. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut