Pemkab Halbar Merasa Sangat Kehilangan Sosok Abdul Chatab

  • Bagikan
Kediaman almahurm Abdul Chatab Bin As Djawa

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), merasa kehilangan dengan sosok seorang Abdul Chatab Bin As Djawa, yang dikenal memiliki dedikasi yang tinggi, serta loyalitas maupun rasa tanggung jawab besar dengan tugas diberikan.

Walaupun demikian, kepergian almarhum sudah merupakan kehendak Allah SWT, sehingga semua yang ditinggalkannya baik keluarga, isteri dan anak-anak tercinta, maupun masyarakat dan Pemerintah harus merelakannya dengan tulus dan iklas.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini menghembuskan nafas terakhir terakhir sekira pukul 11.40 WIB Jumat 6 April 2018 di Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta, dan pada besoknya langsung dibawa ke Kota Tenate untuk dimakamkan.

Almarhum Abdul Chatab Bin As Djawa

Bupati Halbar, Danny Missy ketika memberikan penghormatan terakhir mengatakan, almarhum Abdul Chatab Bin As Djawa, yang telah dipanggil Allah SWT, Pemerintah Daerah Kabupaten Halbar  tentunya sangat merasa kehilangan dengan kepergiannya. Karena selama melaksanakan tugas dan pangabdian di Pemerintah Halbar, almarhum dikenal memiliki rasa tanggung  jawab yang besar dengan tugas yang diberikan.

“Satu hal yang patut kita sadari dan yakini bahwa manusia boleh merencanakan apa saja yang dikehendaki, tapi Allah SWT yang menentukan. Oleh karena itu, almarhum sudah merupakan kehendak Allah SWT. Sehingga kita semua yang ditinggalkannya baik keluarga, isteri dan anak-anak tercinta maupun masyarakat dan pamarintah harus merelakannya dengan tulus dan iklas,” kata Danny di Kediaman almarhum, Keluarahan Toboko, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate Sabtu (7/4/2018).

Lanjut Danny,  di kesempatan ini pula kita semua menyampaikan do’a mengiringi kepergian almarhum di tempat peristirahatan yang terakhir. Semoga almarhum mendapat tempat  yang layak disisi Allah SWT, sesuai dengan amal  ibadanya.

“Sedangkan kepada keluarga yang ditinggalkan, kita harapkan dan kita doakan semoga tetap sabar, serta bertawakal menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah SWT,” terangnya.

Dikesempatan itu pulah, Hajija Sergik, yang juga sebagai Sekwan Halbar ini, membacakan riwat hidup singkat almarhum Abdul Chatab Bin As Djawa, yang dilahirkan di Maluku Tenggara pada 9 April 1963. Selain itu, almarhum menyelesaikan pendidikan formal, mulai dari SD Negeri Jalan Monunutu pada tahun 1977, SMP Negeri 3 Ternate pada 1981, SMA Negeri 1 Ternate pada tahun 1984, D III  Akademi Keuangan dan Perbankkan tahun 1989, SI Ekonomi Manajemen Keuangan dan Perbankkan Pada tahun 1992, dan S2 di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2002.

Lanjut Hajija, almarhum mulai meniti karirnya sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimulai sejak 1 Maret 1998 dengan SK Gubernur Kepala Daerah Tk. I Maluku Nomor : 813.3/SK/584/98 dengan pangkat Capek III/a dan ditugaskan di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malut,  kemudian    dengan SK Gubernur Kepala Daerah Tk.I Maluku nomor : 821.3/SK/241/99 almarhum diangkat sebagai PNS terhitung mulai 1 Juni 1999 dalam pangkat penata muda III/a, dan sampai dengan Keputusan Presiden nomor : 00019/KEP/AA/28201/2016, almarhum dinaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi dari pembina Tk. I,IV/b  menjadi pembina utama muda IV/c.

Jabatan yang pernah dijabat almarhum, Hajija mengatakan, semasa meniti karier sebagai PNS, mulai dari Kepala Seksi Bagi Hasil pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malut tahun 2002, Kepala Bidang Penyusunan Program pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Malut tahun 2002, Kepala Tata Usaha pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Halbar tahun 2005, Kepala Bidang Pendapatan dan Upah Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Halbar tahun 2006, Kepala Bidang Tata Usaha pada Bappeda Halbar tahun 2007, Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Halbar tahun 2008, Kepala Bidang Pertambangan Umum dan Energi pada Dinas Pertambangan dan Energi Halbar tahun 2009, Kepala Bidang Perizinan dan Iuran Usaha Pertambangan dan Energi Halbar tahun 2013, Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Halbar tahun 2015, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Halbar tahun 2016.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir dalam usia 54 tahun 11 bulan 26 hari dengan meninggalkan seorang isteri dan 3 orang anak dengan masa pengabdian kepada Nusa dan Bangsa selama 20 tahun 1 bulan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut