Disperindag Malut, Gelar Sosialisasi BPSK

  • Bagikan
Kepala Disperindag saat memberikan sambutan

TERNATE – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara melakukan kegiatan sosialisasi pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), sebagai lembaga yang menangani masalah aduan konsumen, berlangsung di ruang kieraha 5, Muara Hotel Ternate, Selasa (10/4/2018).

Kepala Disperindag, Asrul Gailea menyebutkan, pembentukan badan ini mulanya hanya di Kabupaten/Kota, akan tetapi setelah ada perubahan regulasi sehingga mewajibkan BPSK hanya dibentuk di Provinsi saja.

“Badan ini sangat penting, sebab dengan adanya BPSK maka konsumen yang merasa dirugikan atau dilanggar haknya dapat diadukan di BPSK,” ungkapnya.

Sosialisasi yang menghadirkan Kasubdin Fasilitasi Kelembagaan, Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Wisnu Haryo Samudro dan Sekertaris Komisi II DPRD Maluku Utara, Iskandar dan diikuti oleh peserta dari dinas terkait se-Maluku Utara dan para pelaku usaha.

“Lembaga ini sesungguhnya sangat penting, Kita coba melindungi hak konsumen, seperti masalah kenaikan suku bunga yang dilakukan sepihak oleh bank, ini sebenarnya tidak boleh dan menurut undung-undang perlindungan konsumen maka bank bersalah,” ujar Kasubdin Fsilitasi Kelembagan, Wisnu Haryo Samudro.

Sementara itu, Iskandar selaku sekertaris komisi II, menyebutkan hal ini akan disampaikan kepada anggota komisi lain dan kepada pimpinan DPRD untuk ditindaklanjuti, sehingga pembentukan BPKS akan mendapat  dukungan dari DPRD Provinsi.

“Kita sangat mendukung, sehingga hal ini akan kita dorong dalam aspek penggaran agar pada perubahan APBD ini sudah dapat dimasukan untuk pembentukan awal, dan kemudian pada tahun 2019 BPSK sudah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar politisi PAN ini.

Dalam kegaitan tersebut juga disampaikan kepada masyarakat sebagai konsumen harus bertindak aktif dan jangan hanya menjadi objek pasar, dengan cara menyampaikan pelanggaran hak konsumennya kepada BPSK untuk ditindak lanjuti. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut