Ini Proyek Infrastruktur Dari Dana Pinjaman Pemda Halbar

  • Bagikan
Sekda Halbar, M Syahril Abd. Radjak

JAILOLO – Komitmen Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan benar-benar dibuktikan. Hal ini terlihat dari 13 paket pekerjaan jalan dan jembatan sumber dananya berasal dari anggaran pinjaman Pemda Halbar ke Bank Maluku Malut senilai Rp 159.500.000.000, dan kini siap ditenderkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR).

Sekda Halbar, M Syahril Abd. Radjak menjelaskan, sejumlah paket pekerjaan tersebut tersebar dalam wilayah Kecamatan Jailolo Selatan sampai Kecamatan Loloda.

“Untuk Kecamatan Jailolo Selatan, tahun ini akan dikerjakan jembatan Rathen ruas Sidangoli-Jailolo dengan pagu Rp1,6 miliar, jalan sirtu Braha-Tewe 1,5 kilometer dengan pagu Rp 2 miliar,” kata Syahril dalam release yang diterima KabarMalut, Minggu (15/4/2018).

Kemudian peningkatan jalan aspal ruas SP Rioribati-Toniku sepenjang 3 kilometer dengan pagu Rp 5 miliar. Lalu  peningkatan jalan tanah ke aspal ruas Tataleka-Gamlenge 1 kilometer dengan pagu Rp1,8 miliar.

“Untuk dalam Kota Jailolo ada peningkatan jalan aspal 7 kilometer dengan pagu Rp 14 miliar, serta  peningkatan jalan sirtu sepanjang 4 kilo meter dengan pagu Rp 1,675 miliar,” ungkap Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Halbar ini.

Kegiatan yang tercatat di Bidang Bina Marga Dinas PU dan Tata Ruang ini, juga menyisir di Kecamatan Sahu dan Sahu Timur. Di Kecamatan Sahu Pemkab akan membangun Jembatan ruas Tacim sampai Tabobol dengan nilai Rp 1,325 miliar, kemudian pekerjaan peningkatan jalan tanah ke aspal II segmen ruas Tacim sampai Tabobol sepanjang 16,5 kilometer dengan nilai anggaran Rp 39 miliar.

Di Kecamatan Sahu Timur, Pemkab Halbar di bawah nakhoda Bupati Danny, ujar Syahril, Pemkab mengalokasikan pembangunan jalan sirtu (pasir dan batu) sepanjang 8 kilometer dengan pagu anggaran Rp 2,1 miliar, serta peningkatan jalan lapen ke aspal dalam Kota Sahu Timur sepanjang 5,8 kilometer  dengan nilai pagu Rp 10 miliar.

“Di Kecamatan Ibu Selatan, ada anggaran Rp 6 miliar, untuk pekerjaan peningkatan jalan tanah ke aspal yang tersebar di beberapa titik,” ungkap Syahril.

Bergeser di Kecamatan Loloda, lanjut mantan Kadis Keuangan ini, Pemda juga menyiapkan dana sebesar Rp 75 miliar, untuk pekerjaan peningkatan jalan tanah ke aspal ruas Goin-Kedi sepanjang 21 kilometer menelan anggaran Rp 51 miliar, serta pembangunan jembatan ruas Goin-Kedi dengan pagu Rp 24 miliar.

“Jika ditotalkan nilai anggaran yang disiapkan Pemkab Halbar untuk menggenjot pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada tahun 2018 sebesar Rp 159.5 miliar, dana ratusan miliar tersebut berasal dari pinjaman Pemkab Halbar di Bank BPD Maluku Cabang Jailolo,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut