Kades Bermasalah Diberikan Sanksi Oleh Bupati

  • Bagikan
Kepala DPM-PD Halbar, Asnath Sowo

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar), Danny Missy memberikan sanksi tegas kepada para Kepala Desa (Kades), yang bermasalah setelah mengkaji laporan dari BPD masing-masing desa.

“4 desa bermasalah yakni  Desa Tuada, Desa Ngawet, Togowo dan Desa Bilote,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Halbar, Asnath Sowo, Minggu (15/4/2018).

Menurut Asnath, Bupati memberikan sanksi tegas setelah Bupati menerima laporan BPD yang isinya antara lain terkait kasus penyimpangan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), kasus perselingkuhan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Asnath menegaskan, kajian evaluasi serta sanksi administrasi berupa pemberhentian sementara dapat dilakukan Bupati untuk kelancaran administrasi dan pembangunan di desa.

“Apa  yang dilakukan pak Bupati tak lain untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik, bersih, dan juga ketentuan terkait pemberhentian kepala desa ini juga telah diatur dalam Permendagri nomor 82 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa,” terang Asnath.

Asnath berharap, dengan kebijakan Bupati ini sebagai pembelajaran bagi 169 desa di Halbar agar dapat menjalankan pemerintahan sesuai regulasi yang ditetapkan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut