Gempa 6,4 SR Guncang Halbar, 5 Rumah Warga Rusak

  • Bagikan
Gempa Halbar yang merusaki rumah warga

JAILOLO –  Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang  Halmahera Barat (Halbar) sekira pukul 04.30 WIT,  mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasih yang dihimpun KabarMalut, kerusakan rumah warga akibat Gempa, berada di Desa Lako Akediri Kecamatan Sahu dan Desa Saria Kecamtan Jailolo.

“Baru 5 rumah warga yang berada di Desa Lako Akediri, sementara Desa Saria masih dalam proses dilakukan pendataan,” ungkap Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori, Senin(16/4/2018).

Imran mengaku, dari kejadian tersebut pihaknya belum mendapatkan informasi dari warga terkait korban jiwa, maupun dari total kerusakan rumah dari masing-masing desa di Halbar, juga belum dikumpulkan datanya.

Sekedar diketahui, dari hasil analisas BMKG menunjukan Gempa bumi teknologi berkekuatan M= 6,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,36 LU dan 126,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah Barat Laut Halbar pada kedalaman 53 km (Update).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh modelling peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Bitung pada skala II SIG-BMKG (III – IV MMI), Tondano dan Tidore pada skala II SIG-BMKG (III MMI).

Hal ini sesuai dengan laporan dari masyarakat bahwa gempa bumi ini dirasakan di Ternate, Halbar II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Bitung I-II SIG BMKG (II-III MMI). Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan  bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi diduga akibat adanya pergesaran pada Lempeng Laut Maluku. Berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar mendatar (Strike slip).

Hingga pukul 15.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut